Al Fursan, Kesatria Terbang Padang Pasir

Nama tim aerobatik asal Uni Emirat Arab (UEA) ini memang belum banyak dikenal. Tapi ke depan  tim ini bisa menjadi pesaing nama-nama besar di dunia aerobatik yang sampai saat ini masih dikuasai oleh negara-negara di kawasan Eropa plus Amerika.

Al Fursan yang berarti Kesatria ini memang masih jauh tertinggal dengan tim aerobatik lainnya dari segi jam terbang. Sebab, al Fursan sendiri baru berdiri pada tahun 2010.

UEA memang serius  dalam mempersiapkan tim aerobatik ini. Mereka tidak tanggung-tanggung mengirimkan pesawat latih MB 339A yang sedianya digunakan untuk latih lanjut ke pabrik Aermacchi di Venegono, Italia.  Pesawat tersebut diubah menjadi MB339 NAT  yang khusus digunakan untuk kepentingan aerobatik.

Pesawat ini diubah agar sejajar dengan pesawat milik tim aerobatik AU Italia Frecce Tricolori. Modifikasi dilakukan pada bagian sistem tangki bahan bakar dan pemasangan generator untuk asap. Tidak kurang dari 10 pesawat yang diubah, tiga di antaranya digunakan sebagai pesawat cadangan. Dalam tiap aksinya tim ini menggunakan tujuh pesawat.

Tidak hanya pesawat yang dikirim ke Italia. Para penerbang yang merupakan instruktur di bawah pimpinan Letkol Nasser Ahmad Al Obaidli, turut berguru ke Frecce Tricolori di Lanud Rivolto, Italia.

The post Al Fursan, Kesatria Terbang Padang Pasir appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *