Angkasa Pura Segera Rombak Landas Pacu di Bandara-Bandara Ini

PT Angkasa Pura I melakukan program perbaikan landasan pacu di 10 bandara yang dikelolanya. Ke-10 bandara itu: I Gusti Ngurah Rai (Denpasar), Juanda (Surabaya), Sultan Hasanuddin (Makassar), Frans Kaisiepo (Biak), Sam Ratulangi (Manado), Adi Sucipto (Yogyakarta), Ahmad Yani (Semarang), Syamsudin Noor (Banjarmasin), Pattimura (Ambon), dan El Tari (Kupang).

Program perbaikan landasan pacu itu sudah dimulai sejak tahun 2014. Namun ada kendala, terutama terkait dengan operasi penerbangan yang padat. Di Ngurah Rai misalnya, overlay saja tertunda 1,5 tahun. Pengerjaan perbaikan landasan pacu pun memerlukan waktu yang panjang.

Menurut Direktur Operasi PT Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose, pertumbuhan lalu lintas udara yang tinggi dan beban pesawat yang besar menyebabkan landasan fatigue dan cepat rusak. Pesawat-pesawat besar, seperti Boeing 747-400, Boeing 777-300, dan Airbus A330, yang mendarat dan lepas landas dari bandara-bandara tersebut memiliki beban yang tidak sesuai dengan peruntukan desain awal landasan. “Struktur runway pun mengalami kerusakan dengan cepat,” katanya.

Sekretaris Perusahaan PT AP I, Farid Indra Nugraha mengatakan, sejak peristiwa terkupasnya overlay landasan di Ngurah Rai, seluruh pengelola bandara harus melaksanakan inspeksi landasan tiga kali sehari.

“Dengan begitu, jika ditemukan sesuatu, seperti benda-benda yang mengganggu, bisa segera ditangani atau kalau ada kerusakan segera diperbaiki,” ujarnya di Jakarta, malam ini (13/6). Pengelola bandara juga harus melakukan pembersihan landasan satu kali setiap tiga bulan.

AP I  juga melakukan pengecekan kekesatan landasan yang terkait keselamatan penerbangan. Di samping itu, PCN landasan masih rendah, sehingga akan ditingkatkan agar dapat dioperasikan untuk pesawat-pesawat besar tanpa restriksi.

“AP I concern dalam program perbaikan dan peningkatan keandalan fasilitas landasan pacu terkait keselamatan penerbangan,” ujar Farid. Total anggaran untuk program tersebut Rp1,16triliun dengan lama pengerjaan tiga sampai 38 bulan.

The post Angkasa Pura Segera Rombak Landas Pacu di Bandara-Bandara Ini appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *