AS-Korsel Bersekutu, Ini Ancaman Korut

Setelah pada Jumat minggu lalu AS dan Korsel menyatakan bekerja sama untuk menyiapkan sistem Terminal High altitude Defense (THAAD) untuk melindungi wilayah Korsel dari ancaman rudal nuklir Korut, pemerintah Korut pun bereaksi keras. Pihak militer Korut menyatakan akan segera membuat ‘aksi nyata’ atas gerakan kedua negara itu.

“Kami akan segera beraksi untuk dapat mengantisipasi THAAD. Mulai saat ini target kami adalah sebuah daerah di Korsel dimana THAAD ditempatkan,” ujar juru bicara biro artileri Korut (10/7/2016).

Selain mengklaim akan membuat perhitungan, militer Korut dalam kesempatan itu juga memperingatkan tetangganya itu kalau persekongkolan mereka dengan AS akan menghancurkan diri mereka sendiri.

“Sekali lagi kami peringatkan kepada negara musuh, kami tidak segan-segan melakukan serangan balasan sampai Korsel menjadi lautan api,” ujarnya.

Sebelumnya, Korut langsung menanggapi pengumuman kerja sama AS-Korsel itu dengan melakukan uji tembak balistik dari kapal selam mereka. Uji tembak ini diikuti dengan latihan penembakan rudal jarak menengah Musudan yang pada 22 Juni lalu telah diuji coba.

The post AS-Korsel Bersekutu, Ini Ancaman Korut appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *