Bagaimana Sejarah Terciptanya Jaket Jokowi yang Jadi Tren?

bomber jaket

Aksi damai 4 November lalu di Jakarta menyisakan banyak kisah menarik. Salah satunya adalah soal jaket Presiden Joko Widodo. Seketika, linimasa media sosial merilis merek jaket tersebut. Beberapa portal berita mengatakan, bahwa jaket bermerek Zara yang dibanderol sekitar IDR800.000 itu menjadi barang buruan. Sebenarnya, apa jenis jaket itu?

bomber jaket

Di kalangan penerbangan, khususnya penerbangan militer, jaket yang dikenakan Jokowi itu disebut sebagai jaket jenis bomber, atau ada juga yang menyebut Fighter Jacket.

bomber jaket

Pakaian ala penerbang militer ini sebenarnya sudah sangat lama digunakan oleh para ksatria tempur langit. Jejaknya bahkan sudah bisa ditemui sejak era Perang Dunia I. Pada tahun 1915 Royal Flying Corps Inggris menggunakan jaket berbahan kulit model panjang, agar penerbang pesawat tempur mereka terlindung dari cuaca dingin saat mengoperasikan pesawat di ketinggian. Mengingat pada era tersebut tidak satupun kokpit pesawat tertutup, sehingga sangat dibutuhkan jaket tebal agar tubuh penerbang tetap hangat.

bomber jaket

Amerika Serikat pada tahun 1917 mematenkan jaket kulit kerah tinggi yang disertai bulu, dan ritsleting serta karet pengikat pada bagian tangan. Lalu perkembangan berlanjut pada era Perang Dunia II, dimana teknologi memungkinkan pesawat terbang militer beroperasi di ketinggian yang cukup ekstrim. Pilot dan kru membutuhkan jaket yang mampu melindungi tubuh mereka dari suhu dingin dibawah -50 derajat.

Baca juga:

Mau Punya Penampilan Ala Pasukan Khusus Dunia? Pakai Jam Tangan Ini

Mau Pakai Sepatu Militer Terbaik? Anda Wajib Baca Ini

Sumber gambar: collider.com

Tidak berhenti pada era Perang Dunia ke II, pada tahun 1950-1990an perkembangan jaket bomber tidak hanya dikhususkan bagi pilot pesawat tempur ataupun pilot pesawat pembom. Di masa ini jaket bomber, atau dikenal juga dengan nama jaket aviator mulai menjadi barang fesyen di masyarakat umum. Salah satu yang mengangkat kemasyuran jaket ini adalah film Top Gun yang diperankan oleh Tom Cruise tahun 1986 dan film berjudul The Aviator yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio tahun 2004.

Sumber gambar: ebay
Sumber gambar: ebay

Saat ini, jaket Jokowi ini sangat mudah didapatkan dengan harga yang amat beragam. Di gerai-gerai perusahaan ritel fesyen harga jaket ini berkisar antara IDR500.000 hingga jutaan rupiah. Jika ingin yang lebih murah datanglah ke koperasi-koperasi di sekitaran pangkalan udara. Koperasi-koperasi tersebut biasanya menyediakan jaket bomber dengan harga yang lebih rendah, berkisar antara IDR100.000 hingga IDR300.000.

The post Bagaimana Sejarah Terciptanya Jaket Jokowi yang Jadi Tren? appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *