Bandara Radin Inten II Jadi Sub-Hub Soekarno-Hatta

Sumber gambar: Biro Puskom Publik Kemenhub

Bandara Radin Inten II akan dijadikan bandara sub-hub bandara-bandara di wilayah sekitar yang akan menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta. Dengan demikian, Soekarno-Hatta sebagai bandara terbesar di Indonesia yang letaknya di wilayah Tangerang ini dapat mengurangi kepadatannya dan dikonsentrasikan untuk penerbangan internasional,

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, usai meninjau bandara tersebut pada Minggu (20/11). Karena itu pula, untuk meningkatkan kinerjanya, bandara di Lampung itu akan diserahkan kepemilikan dan pengelolaannya kepada PT Angkasa Pura II.

 “Saya sudah berbicara dengan Gubernur Lampung. Beliau sangat antusias,” ujarnya.

Sekarang ini, Radin Inten II sedang dikembangkan. Landasannya diperpanjang dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter, sehingga dapat didarati pesawat widebody sekelas Airbus 330. Apron atau area parkir pesawat juga akan diperluas, sehingga dapat menampung sekitar 12 pesawat sejenis Boeing 737.

Terminal baru pun tengah dibangun dengan kapasitas 7.500-8.000 orang per hari, sementara terminal lama hanya sekitar 1.000 penumpang per hari atau 1,4 juta per tahun. Terminal ini dilengkapi gedung  parkir tiga lantai, yang mampu menampung 700 kendaraan roda empat. Untuk menghubungkan terminal bandara dengan gedung parkir diberi fasilitas sky bridge sepanjang 165 meter.

Baca juga:

Lima Bandara Ditawarkan ke Swasta

(Video) Mengintip Indahnya Pulau Miangas dan Bandara Barunya

Pembangunan Bandara Radin Inten II yang menggunakan dana APBN 2016 Rp185 miliar ini ditargetkan rampung pada akhir tahun ini. Menurut Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo, kira-kira enam bulan lagi bisa beroperasi atau pada pertengahan 2017.

Pihaknya pun terus mendorong percepatan pembangunan bandara yang memiliki letak strategis karena berdekatan atau hanya berjarak 100 meter dari stasiun KA.

Setelah beroperasi penuh, Bandara Radin Inten II juga disiapkan untuk menjadi embarkasi haji. Sejak tahun 2009, bandara ini memang sudah menjadi bandara antara untuk embarkasi haji. Tahun ini tercatat 6.000 jemaah haji diterbangkan melalui Raden Inten II, sementara setiap tahun jumlahnya mencapai 10.000 orang.

The post Bandara Radin Inten II Jadi Sub-Hub Soekarno-Hatta appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *