Birokrat pun Banyak Tak Paham Soal Bela Negara

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengakui, sampai saat ini masih minim birokrat yang memiliki kesadaran bela negara. “Mereka itu kan pemimpin. Nah, mengapa susah untuk mengajak mahasiswa dan anak-anak sekolah untuk punya kesadaran itu karena mereka melihat dari atasnya juga nggak baik,” paparnya usai rapat koordinasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara dengan para Gubernur dan Perwakilan Rektor seluruh Indonesia di Jakarta hari ini (25/8)..

Menhan kemudian mencontohkan, “Bupati itu ada yang kena narkoba. Itu kan nggak benar. Bukan satu (orang), ada beberapa. Ada yang judi segala macam. Kita perlu perbaiki mereka juga. Makanya saya ke provinsi-provinsi. Saya ajak bicara dari  Gubernur sampai ke tingkat yang di bawahnya,”

Sebelumnya, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan keprihatinannya tentang masih banyaknya birokrat yang tidak atau belum memliki kesadaran akan bela negara atau cinta pada negara. Sultan juga mengungkapkan bahwa bela negara itu menyangkut peradaban.“Ide bela negara itu untuk membentuk civil society, seperti Karang Taruna, Pramuka, Paskibra, yang bekerjsa sama dengan kampus-kampus untuk membangun peradaban bela negara.”

Menurut Menhan, di dunia pendidikan, dari sekolah dasar sampai mahasiswa, dicanangkan untuk diberikan materi kecintaan pada negara, sehingga 20 tahun ke depan sudah ada kesadaran akan kecintaan mereka pada negara; yang berjiwa Pancasila. Bukan itu saja, para preman dan genk motor misalnya, akan dikumpulkan untuk diberi kesadaran tentang bela negara agar nanti menjadi anak jalanan yang cinta negara. “Tidak semua yang di jalanan itu tak baik. Yang membuat resah itu yang kita didik,” ucap Ryamizard.

Bentuk terorisme di setiap daerah memang tidak sama. Dari tiga unsur terorisme, yakni radikalisme, premanisme, dan narkoba, bisa dipetakan yang mana yang menjadi prioritas untuk disadarkan atau ditangani di suatu daerah itu. Karena itu, dari Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi, berkoordinasi agar nela negara itu menjadi pilar pertahanan semesta yang dicanangkan negara.

The post Birokrat pun Banyak Tak Paham Soal Bela Negara appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *