BRISat Segera Diluncurkan

Bank BRI segera memiliki sekaligus mengoperasikan satelit sendiri. Satelit yang diberi nama BRISat ini akan diluncurkan pada 9 Juni 2016 pukul 03.30 WIB atau 8 Juni 2016 pukul 20.30 UTC dari Area CNES Kourou, Frech Guiana, Amerika Selatan.  BRISat akan diluncurkan menggunakan roket  Ariane 5 dari Arianespace, Prancis, bersamaan dengan satelit milik Amerika Serikat.

“Saat ini di Kourou sudah berkibar dua bendera, Indonesia dan Amerika Serikat, bendera dari dua satelit yang akan diluncurkan,” ujar Asmawi Syam, Direktur Utama Bank BRI dalam jumpa wartawan tadi siang (31/5/2016) di Jakarta.

Bank BRI saat ini merupakan satu-satunya bank di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelitnya sendiri. BRISat yang dibuat oleh Space System/Loral (SSL) di AS ini akan mengorbit pada slot 150,50 Bujur Timur (BT) di atas Papua. “Untuk mencapai orbit itu memerlukan waktu 20 hari dan akan mulai beroperasi pada H+50 atau pada bulan Agustus,” ungkap Asmawi.

Bank BRI mulai mengeksplorasi kemungkinan memiliki satelit sejak tahun 2013 dan mulai direalisasikan lewat penandatanganan kontrak pembuatannya dengan SSL pada 28 April 2014. Pada awal Juni nanti, satelit dengan masa pakai 15-17 tahun yang investasinya Rp3,375triliun atau 235juta dolar AS itu pun diluncurkan.

Menurut Asmawi, seluruh persiapan untuk peluncuran BRISat beserta semua persiapan operasional pendukungnya sudah rampung 100 persen. Ground station berupa fasilitas kontrol satelit yang bersifat primer dan back up-nya sudah selesai dan beroperasi dengan baik. Tim sumber daya manusianya, yang berjumlah 53 orang, pun siap mengelola 45 transponder –setara 54 transponder– dan sudah di posisinya masing-masing.

“Bank BRI berharap seluruh rakyat Indonesia memberi doa restu agar peluncuran BRISat berjalan sesuai rencana dan mengorbit di jalurnya, serta memberi manfaat yang optimal bagi terujudnya financial inclusion. Kami serahkan semua kepada Yang Maha Kuasa semoga dilancarkan,” tutur Asmawi.

The post BRISat Segera Diluncurkan appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *