Citilink Siapkan Uang Tunai Untuk Kompensasi Delay

citilink kecil

Terlambat terbang (delay) selama berjam-jam memang menjengkelkan penumpang. Tidak jarang penumpang tersulut emosinya dan berbuat anarkhis. Pemerintah memang sudah membuat aturan bahwa penumpang harus mendapat berbagai macam tingkatan kompensasi. Yaitu bila delay tersebut akibat kesalahan maskapai penerbangan.

Namun kadangkala, pemberian kompensasi itu juga terkendala dana tunai yang tersedia di maskapai di bandara yang bersangkutan. Bila delay terjadi di hari libur atau di luar jam kantor di mana bank tutup, maskapai kesulitan untuk menyediakan uang tunai. Pada akhirnya kompensasi ikut terlambat juga, yang bisa membuat penumpang tambah emosional. “Sangat susah mendapatkan uang tunai Rp 300 ribu kali jumlah penumpang pesawat yang rata-rata sekitar 180-an orang. Terutama pada malam hari dan hari libur,” ujar Direktur Operasi dan Teknik Citilink, Hadinoto Soedigno. Dengan perhitungan demikian, setidaknya harus menyiapkan dana minimal  Rp 54 juta. Tentu saja itu bukan jumlah yang sedikit.

Hal inilah yang coba diredam oleh Citilink. Maskapai ini melakukan kerjasama dengan Bank Permata untuk menyediakan uang tunai  di 19 kota/ bandara di seluruh Indonesia. Bank Permata nantinya akan menyediakan dana tunai selama 24 jam setahun penuh bagi Citilink. Artinya uang tersebut bisa diambil sewaktu-waktu di kantor perwakilan Bank Permata di masing-masing kota tersebut sewaktu-waktu.

“Kami akan menyediakan uang tersebut sehingga  kompensasi akan dapat diterima sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Yaitu  dalam jangka waktu 2 hingga 3 jam setelah proses verifikasi data penumpang,” ujar Direktur Retail Banking Bank Permata Bianto Surodjo  saat penandatangan kerjasama tersebut hari ini, Rabu (5/10/2016).

Bank Permata menyiapkan saluran khusus di PermataTel yang dapat di akses selama 24 jam. Sehingga petugas Citilink dapat segera berkoordinasi situasi yang diperlukan.

Memang delay sangat tidak diharapkan. Namun jika pun terjadi, penumpang memang harus tetap didahulukan kenyamanannya, karena mereka telah membeli tiket penerbangan. kompensasi harus segera diberikan sesuai peraturan yang berlaku.

The post Citilink Siapkan Uang Tunai Untuk Kompensasi Delay appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *