Citilink Tambah 70 Pilot Baru

Citilink A320

Citilink menambah jumlah  pilotnya dengan merekrut 70 pilot pemula (ab initio). Penambahan pilot baru ini untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah armada Citilink dan untuk mendukung rencana ekspansi maskapai tersebut ke seluruh pelosok Indonesia dan luar negeri.

“Penerimaan pilot baru dilakukan dalam rangka mengakomodir kebutuhan SDM pilot yang terus bertambah seiring dengan penambahan armada pesawat sebagai implementasi pertumbuhan positif yang terus diraih Citilink Indonesia sejak 2012,”  ujar President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan.

Hingga Agustus 2016, Citilink Indonesia tercatat telah memiliki 325 orang pilot dan 39 unit pesawat Airbus A320.

Para pilot baru terpilih setelah melalui serangkaian tes seleksi yang diadakan oleh Divisi Human Capital Citilink Indonesia dari bulan Juni hingga Agustus 2016. Pilot-pilot ini terpilih dari 867 pendaftar yang berasal dari sekolah penerbangan di seluruh Indonesia dan internasional.

Hari ini, Senin (5/9/2016) Albert menyerahkan pilot-pilot baru tersebut kepada Direktur Sumber Daya Manusia Garuda Indonesia Linggarsari Suharso untuk selanjutnya dididik dan dilatih di pusat pendidikan dan latihan Garuda Indonesia ( GITC – Garuda Indonesia Training Center), Duri Kosambi, Jakarta Barat.

Linggarsari mengingatkan bahwa menjadi pilot yang handal bukanlah hal yang mudah.  Sebagai penerbang dituntut untuk melaksanakan profesi dengan sebaik-baiknya serta dapat menjaga image dan reputasi perusahaan melalui integritas, moralitas dan perilaku yang terpuji.

“Bekerja pada perusahaan penerbangan yang menempatkan aspek keamanan dan keselamatan sebagai hal yang paling utama, menuntut seorang penerbang melaksanakan profesi dengan sebaik-baiknya. Terlebih Garuda Indonesia merupakan flag carrier bangsa, dan Citilink merupakan bagian dari keluarga besar Garuda Indonesia Group, sehingga setiap perilaku dari karyawan GA Group akan selalu dikaitkan dengan perusahaan induknya, yaitu Garuda Indonesia” ujarnya.

Pilot-pilot ini nantinya akan dididik selama enam bulan untuk mendapatkan type rating pesawat Airbus A320, pesawat yang saat ini menjadi tulang punggung armada Citilink.

Para pilot Ab Initio ini akan menjalani dua tahap pendidikan. Yaitu pendidikan dasar di GITC yang dilanjutkan dengan simulator training di GITC dan Airbus Training Centre di Toulouse, Perancis dan Florida, Amerika Serikat.

The post Citilink Tambah 70 Pilot Baru appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *