Delapan Perwakilan Kelurahan se-Kota Pekalongan Ikuti Lomba Sadar Hukum

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN – Pemkot Pekalongan gelar lomba cerdas cermat keluarga sadar hukum PKK dalam rangka memperingati hari jadi ke 112 di ruang Amarta kantor Pemkot setempat, Rabu (28/3/2018).

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Pekalongan Soesilo mengatakan selain memperingati HUT Kota Pekalongan ke 112 lomba cerdas cermat tersebut sekaligus untuk mensosialisaikan aturan hukum atau peraturan daerah (Perda) yang berlaku.

“Ada 5 Perda, yaitu Perda nomor 4 tahun 2017 tentang pencegahan dan peningatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan pemukiman kumuh, perda nomor 9 Tahun 2019 tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, perda nomor 10 tahun 2017 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan, perda nomor 14 tahun 2017 tentang penyelenggaraan kesejahteraan lanjut usia, dan perda nomor 15 Tahun 2017 tentang penyelengagaraan bantuan hukum,” terangnya.

Soesilo menambahkan lomba cerdas cermat kadarkum tersebut diikuti 8 regu yang berasal dari perwakilan 8 kelurahan.

“Kelurahan Tirto, Jenggot, Pringrejo, Poncol, Soko Duwet, Panjang Wetan, dan Degayu. Masing-masing regu beranggotakan 5 orang,” imbuhnya.

Dari Lomba Kadarkum tersebut nantinya akan ditentukan 3 regu yang dinilai terbaik dan mendapatkan hadiah pembinaan.

Sekretaris Daerah Kota Pekalongan Sri Ruminingsih menambahkan Keluarga Sadar Hukum mempunyai fungsi dan tugas sebagai wadah untuk menghimpun warga masyarakat yang berkesadaran hukum dan meningkatkan kadar kesadaran hukum baik bagi dirinya, para anggotanya maupun bagi masyarakat pada umumnya.

“Membangun kesadaran hukum paling efektif jika dimulai dari lingkungan keluarga, oleh karena itu saya harapkan melalui kadarkum ini peserta dapat menambah wawasan dan meningkatkan kesadaran hukum agar di apliasikan dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya. (*)