Dua Senapan Terbaru Kalashnikov Jadi Pusat Perhatian di Army 2016

senapan terbaru kalashnikov

Pada forum militer dan teknologi internasional ‘Army 2016’ yang telah berlangsung pada 6 hingga 11 September lalu produsen senjata asal Rusia, Kalashnikov, pamerkan sejumlah senjata yang mereka produksi. Di antara senjata-senjata tersebut, dua senapan terbaru Kalashnikov ini menjadi pusat perhatian pengunjung Army 2016 selama berlangsungnya acara.

Kedua senjata anyar Kalashnikov tersebut adalah Senapan mesin ringan RPK-16 dan prototipe senapan runduk semiotomatis Kalashnikov (SVK).

Baca Juga:

Toko Senjata Buka Lapak Di Bandara

Thailand Tertarik Senjata Buatan Pindad

RPK-16 adalah senapan ringan yang memiliki kaliber 5,45 mm. senapan ini merupakan versi modern dari senapan RPK-74 Soviet. Model ini memiliki rel Picatinny, yang memungkinkan senjata ini untuk dapat dilengkapi dengan berbagai jenis alat bidik, mulai dari penglihatan malam, sensor termal, kolimator, maupun bidikan teleskopik.

Senapan mesin ringan ini dilengkapi pula dengan drum ringan terbaru yang memiliki kapasitas 96 butir amunisi. Dengan segela kelengkapannya dan dalam kondisi siap pakai, bobot senapan ini hanya 4,5 kilogram.

Sementara itu, prototipe senapan runduk semiotomatis Kalashnikov (SVK) merupakan modernisasi dari Senapan Runduk Dragunov (SVD). SVK memungkinkan untuk menggunakan peluru 7,62  x 54 milimeter (peluru Rusia). Tak hanya itu, senapan runduk semiotomatis ini juga memungkinkan untuk menggunakan peluru NATO 7,62 x 51 milimeter.

Dengan bobot 4,2 kilogram, jarak efektif penggunaan SVK adalah 1.000 meter dengan kapasitas peluru pada senjata ini mulai dari sepuluh, 15, hingga 20 butir.

The post Dua Senapan Terbaru Kalashnikov Jadi Pusat Perhatian di Army 2016 appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *