Empat Transponder BRISat untuk Pemerintah

Sarana komunikasi satelit makin mendesak dibutuhkan oleh Bank BRI karena adanya variasi jaringan kerja yang dikembangkannya, seperti Teras Mobil dan Teras Kapal. Inovasi model jaringan kerja ini hanya dapat dilakukan secara ekonomis melalui sarana komunikasi satelit.  Kebutuhan jaringan komunikasi satelit yang kian meningkat ini diperkirakan akan sulit dipenuhi dari transponder penyelenggara satelit Indonesia yang terbatas. BRISat pun menjadi solusi.

Bank BRI mendesain satelitnya dengan memaksimalkan filing satelit Indonesia di Internationa Telekomunication Union (ITU). Salah satu filing satelit itu akan ditingkatkan statusnya dari coordinated menjadi notified. BRISat pun diharapkan menjadi solusi dan dilengkapi program kontingensi dalam menjaga kesinambungan filing orbit satelit 150,50 BT.

BRISat memiliki 45 transponder (alat untuk memungkinkan terjadinya komunikasi dua  arah), yang secara hitungan ada 54 transponder. Empat dari jumlah transponder itu akan diserahkan kepada Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. “Akan digunakan sebagai apa, kami tidak ikut dalam pengelolaannya,” ujar Asmawi Syam, Direktur Utama Bank BRI pad Selasa (31/5) di Jakarta, ketika ditanya Angkasa, apakah akan digunakan untuk pertahanan negara Republik Indonesia.

Saat ini, Banki BRI menggunakan 23 transponder yang disewanya dari penyelenggara satelit. Setiap tahun rata-rata sekitar Rp500miliar dikeluarkan untuk penyewaannya.  Jika yang digunakan Bank BRI hanya 23 transponder dan Pemerintah empat transponder, apakah sisanya  akan digunakan BRI untuk penyewaan jasa komunikasi satelit bank atau pihak lain?

“Tidak bisa karena izin penggunaan BRISat terbatas untuk telekomunikasi khusus atau telsus, bukan untuk komersial,” jawab Hari Siaga Amijarso, Sekretaris Perusahaan Bank BRI. Transponder sisanya akan digunakan untuk menampung daya komunikasi Bank BRI pada masa depan. Dengan transponder sendiri, Bank BRI pun nantinya bisa hemat 40 persen dari biaya penyewaan yang dilakukan selama ini.

The post Empat Transponder BRISat untuk Pemerintah appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *