F-2 Pensiun, Boeing dan Lockheed Martin Kejar JASDF

Boeing dan Lockheed Martin telah mengkonfirmasi ketertarikan mereka dalam mengejar kebututuhan Japan Air Self-Defense Force (JASDF) yang ingin menggantikan pesawat tempur multirole F-2 Mitsubishinya.

Dalam laman IHS Jane’s, Selasa (19/7/2016), perusahaan-perusahaan AS itu mengatakan bahwa mereka akan bertujuan untuk menancapkan pengaruh dan jejak kaki mereka masing-masing secara signifikan di Jepang dalam menawarkan program yang memiliki kisaran nilai hampir 20 milyar dolar AS.

Menteri Pertahanan Jepang telah mengeluarkan permintaan informasi (RfI/Request for Information) dan telah mengatakan harapan mereka untuk membuat keputusan mengenai ‘pesawat tempur masa depan’ JASDF melalui fiskal tahun 2018, yang akan dimulai pada April 2018.

F-2 diproduksi tahun 2000an dalam program kolaborasi antara Mitsubishi Heavy Industries (MHI) dengan Lockheed Martin. F-2 akan memasuki masa pensiun pada tahun 2027.

Baca Juga:

Uji Coba Elemen Pesawat Tempur Generasi VI pada PAK FA

Ini Sebab Jet Tempur Sukhoi Lebih Enak Untuk Lakukan Manuver

Seorang juru bicara dari Boeing mengatakan bahwa perusahaannya sedang dalam proses meninjau persyaratan pengganti F-2. Juru bicara itu menambahkan  bahwa Boeing secara konstan mencari cara menumbuhkan hubungan dan meningkatkan kehadiran Boeing di Jepang.

“Kami terbuka untuk diskusi dengan pelanggan untuk melihat bagaimana kami dapat membantu memenuhi kebutuhan keamanan Jepang,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, seorang juru bicara dari Lockheed Martin pun turut bersuara dengan mengatakan bahwa Jepang mencari informasi dari berbagai rekan industri potensial.

“Kami pasti tertarik dalam kesempatan potensial lainnya untuk meningkatkan kemitraan lama kami dengan Jepang. Kami bangga kemitraan sukses kami dengan Jepang pada program F-35 dan MHI pada program F-2. Kami lihat ke depan untuk belajar lagi tentang rencana Jepang sebagai kemajuan diskusi,” imbuhnya.

RfI yang dikeluarkan pada Juni lalu ke produsen pesawat tempur internasional sebagai bagian dari studi ke teknologi jet tempur. RfI ditutup lebih awal pada bulan ini, dengan perusahaan-perusahaan lainnya (termasuk Eurofighter dan Saab) yang diharapkan untuk mempresentasikan informasi mereka terkait kebutuhan JASDF (mengenai RfI pengganti F-2) pada akhir Agustus mendatang.

Baca Juga:

Mau Tahu Seperti Apa Pesawat Jet Tempur Baru MiG-29K/KUB?

Mulai 1 Juli Jet Tempur Baru Siap Perkuat Kedirgantaraan AL Rusia

RfI dimaksudkan untuk mendukung pertimbangan pesawat tempur yang tersedia serta mengukur kesediaan perusahaan-perusahaan internasional untuk berpartisipasi dalam program kolaboratif sebagai keputusan Menteri Pertahanan Jepang, apakah memutuskan untuk mengembangkan penggantian F-2 dengan kemampuan sendiri atau memasukkan program pembangunan bersama (kolaborasi) dengan perusahaan asing berdasarkan pada desain pesawat tempur yang ada.

The post F-2 Pensiun, Boeing dan Lockheed Martin Kejar JASDF appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *