Hari Ini, 4 Pesawat Diperiksa Mendadak oleh Dirjen Perhubungan Udara

Empat pesawat yang baru mendarat di Bandara Seokarno-Hatta, Cengkareng, diperiksa langsung oleh Dirjen Perhubungan Udara Supraseryo. Inspeksi kelaikan udara yang dilakukan dari pagi sampai siang tadi (22/6) itu terkait dengan persiapan angkutan udara Lebaran, yang diprediksi akan terlihat peningkatannya mulai 24 Juni lusa.

Dirjen memeriksa pesawat Garuda Indonesia, Batik Air, Sriwijaya Air, dan Lion Air, didampingi oleh Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara M Alwi dan Direktur Keamanan Bandara M Nasir Usman, juga Kepala Otorita Bandara Wilayah I Herson dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya, serta para inspektur. Pemeriksaan meliputi kondisi fisik dari sisi luar, seperti ban, mesin, dan sayap, yang terkait kelaikan, juga operasional dan seluruh peralatan di kabin, termasuk lisensi awak pesawat. Dirjen juga sempat memeriksa lisensi pengemudi kendaraan yang lalu lalang di bandara.

Menurut Suprasetyo, pemeriksaan di lapangan atau ramp check itu sebenarnya merupakan pemeriksaan rutin yang selalu dilakukan inspektur Ditjen Perhubungan Udara. Namun kali ini dilakukan secara intensif untuk menghadapi lonjakan penumpang pada angkutan Lebaran.

Pemeriksaan terhadap kru pesawat. Sumber gambar: Reni Rohmawati.
Pemeriksaan terhadap kru pesawat. Sumber gambar: Reni Rohmawati.

Sampai hari ini (22/6), sudah dilakukan 1.624 kali ramp check sejak 27 Mei lalu di bandara-bandara di Indonesia. Ramp check dilakukan terhadap 552 pesawat yang mengangkut penumpang, lebih banyak dari jumlah pesawat yang disiapkan untuk angkutan Lebaran (529 pesawat).

“Hasil ramp check hari ini cukup bagus. Kondisi pesawat hampir semua bagus, hanya ada temuan-temuan kecil,” ujar Suprasetyo. Secara keseluruhan, hari ini di Soekarno-Hatta dilakukan ramp check pada 20 pesawat.

Sebelumnya, kata Dirjen, ada kerusakan mayor (besar) yang ditemukan dari hasil ramp check itu pada lima pesawat milik Express Air, AirAsia Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Indonesia Air Transport (IAT). Temuan kerusakan mayor itu terjadi pada, antara lain, AC, mesin, dan peralatan navigasi. Namun saat ini kerusakan pada pesawat-pesawat tersebut sudah diperbaiki dan laik terbang.

Ramp check juga dilakukan oleh seluruh otoritas bandara (10 otban) di Indonesia. Otban Wilayah I misalnya, menurut Herson, melakukan pengecekan pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Raden Inten (Lampung), Bandara Husen Sastranegara (Bandung), dan Bandara Cakrabuana (Cirebon), selain di Soekarno-Hatta.

Pemeriksaan pesawat di Bandara Soetta. Sumber gambar: Reni Rohmawati.
Pemeriksaan pesawat di Bandara Soetta. Sumber gambar: Reni Rohmawati.

Bukan cuma pesawat dan kru pesawat yang dicek di lapangan, tapi juga bandara. Untuk angkutan Lebaran, disiapkan 35 bandara, yang diprediksi akan dipenuhi penumpang. Untuk prasarana angkutan udara ini, kata Suprasetyo, dicek aerodrome-nya, lampu-lampu landasan, terminal, dan fasilitas sisi darat lainnya. “Ini untuk mengecek persiapan pelayanannya kepada penumpang,” tuturnya. Begitu pula navigasi udara, tak ketinggalan diperiksa regulator untuk keselamatan dari sisi lalu lintas udara.

Budi Karya pun mengapresiasi pemeriksaan yang dilakukan oleh regulator untuk kesiapan bandara pada masa libur Lebaran tersebut. Katanya, pemeriksaan di lapangan sangat diperlukan untuk lebih meningkatkan pelayanannya di bandara.

Dengan persiapan sarana dan prasarana yang dari hasil pemeriksaan cukup bagus, Alwi menegaskan, “Pesawat yang disediakan dan dioperasikan untuk mengangkut penumpang insya Allah sudah memenuhi aspek kelaikan. Safe for flight!”

The post Hari Ini, 4 Pesawat Diperiksa Mendadak oleh Dirjen Perhubungan Udara appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *