Hukum Baru Prancis Melarang Smartphone di Sekolah

Sumber

RAKYATKU.COM – Pemerintah prancis akan memberlakukan larangan membawa smartphone dan gadget lainnya ke sekolah. Aturan baru ini mulai aktif pada bulan September.

Larangan pada smartphone serta jenis perangkat lain yang terhubung ke internet, seperti tablet, berlaku untuk anak-anak sekolah antara 3 hingga 15 tahun, dan disahkan oleh anggota parlemen pada hari Senin.

Sementara itu sekolah menengah Prancis, atau lycees, dengan siswa berusia 15 tahun dan lebih tua, akan dapat memilih apakah akan mengadopsi larangan telepon untuk murid mereka.

“Kami tahu hari ini bahwa ada fenomena kecanduan layar, fenomena penggunaan ponsel yang buruk … Peran utama kami adalah untuk melindungi anak-anak dan remaja. Ini adalah peran mendasar dari pendidikan, dan undang-undang ini memungkinkan,” kata Menteri Pendidikan, Jean-Michel Blanquer di saluran berita Prancis BFMTV.

Undang-undang baru membuat pengecualian untuk siswa cacat, selama kegiatan ekstrakurikuler dan untuk “penggunaan pedagogis.”

Lebih dari 90% anak-anak Perancis antara usia 12 dan 17 tahun memiliki ponsel pada tahun 2016, naik dari 72% pada tahun 2005, menurut regulator telekomunikasi Perancis ARCEP.

Sebuah penelitian dari Korea Selatan yang dilakukan pada remaja dengan kecanduan internet dan smartphone menunjukkan bahwa otak mereka memiliki tingkat neurotramsmitter yang lebih tinggi yang memperlambat neuron, sehingga mengurangi tingkat kontrol dan perhatian serta membuat orang lebih rentan terhadap gangguan.

Studi lain oleh London School of Economics dan Ilmu Politik menunjukkan bahwa melarang smartphone di sekolah menyebabkan peningkatan nyata dalam nilai ujian siswa.