Sidang AL, Pelaku Pembunuhan 2 Pegawai Pajak di Nias Ditunda

GUNUNGSITOLI – Sidang lanjutan kasus pembunuhan petugas pajak dengan terdakwa Agusman Lahagu ditunda. Sidang tuntutan tak jadi dibacakan di Pengadilan Negeri Gunung Sitoli, Senin (9/1/2017).

Sebagaimana dirilis oleh Humas Kanwil Ditjen Pajak Sumatera Utara II, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rifqi Leksono, SH menyatakan bahwa berkas tuntutan belum selesai, untuk itu beliau memohon kepada majelis hakim agar dapat memberikan waktu untuk menyelesaikan dakwaan tuntutan.

Majelis hakim yang diketuai oleh Nelson Angkat, SH.MH memberi waktu kepada JPU sampai dengan tanggal 12 Januari 2017 untuk dapat menyelesaikan surat tuntutan. Sidang akan kembali dilaksanakan kamis, 12 Januari 2017 dengan agenda pembacaan tuntutan.

Parada Toga Siahaan, pegawai pajak KPP Sibolga dan Soza Nolo Lase, petugas keamanan Kantor Penyuluhan & Konsultasi Perpajakan Gunung Sitoli dibunuh saat melakukan tugas penagihan pajak oleh tersangka Agusman Lahagu. Keduanya dibunuh secara sadis dengan tikaman pisau berkali-kali.

Setelah melakukan pembunuhan, tersangka lalu menyerahkan diri ke kantor polisi. Kepolisian kemudian memanggil 9 kawan pelaku sebagai saksi. Agusman Lahagu dikenakan  Pasal 340 dan  338 KUHP atas perbuatan pembunuhan berencana. Hukuman maksimal untuk tuntutan ini adalah hukuman mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *