ICW Akan Ambil Langkah Hukum Gugat SK Pengangkatan Arief Hidayat Sebagai Hakim Konstitusi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) mendorong hakim-hakim konstitusi tidak kembali memilih Arief Hidayat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Demikian sikap ICW setelah Presiden Joko Widodo melantik Arief Hidayat sebagai Hakim Konstitusi perwakilan DPR RI.

“ICW menyatakan sikap mendorong agar Hakim-hakim Konstitusi lain tidak kembali memilih Arief Hidayat sebagai Ketua MK,” ujar Anggota Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) Lalola Easter dalam keterangannya kepada Tribunnews.com, Rabu (28/3/2018).

Baca: Penampakan Alexis Setelah Resmi Ditutup Pemprov DKI

Selain itu, ICW juga akan mengambil langkah hukum untuk menggugat SK pengangkatan Airef Hidayat sebagai hakim konstitusi.

“ICW mengambil langkah hukum untuk menggugat SK Pengangkatan Arief Hidayat sebagai Hakim Konstitusi ke Pengadilan Tata Usaha Negara,” tegasnya.

Baca: Kesaksian Mantan Anak Buah Penyuap Bupati Rita: Catatan Keuangan Hingga Sebongkah Berlian

Menurut dia, keputusan Presiden Joko Widodo untuk tetap melantik Arief Hidayat sebagai Hakim Konstitusi perwakilan DPR RI sangat disayangkan.

Hal ini dapat dipandang sebagai ketidakpedulian Jokowi terhadap pembusukan MK, manakala seorang Hakim Konstitusi yang sudah dua kali dijatuhi sanksi etik, kembali mengisi jabatan yang sama.