Inilah Jajaran Pesawat Baling-Baling Paling Mewah di Dunia

Sumber gambar: robbreport.com

Pesawat baling-baling masih dianggap sebagai pesawat yang ketinggalan jaman, terutama di kalangan masyarakat di Indonesia. Citra penerbangan modern ada pada pesawat jet, dan bukan pesawat bermesin turbo propeller, alias turboprop. Padahal, pesawat baling-baling pun sering dijadikan pesawat pribadi para kaum jetset dunia.

Pesawat baling-baling bermesin turboprop memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki pesawat jet pribadi pada umumnya. Salah satunya adalah di sisi efisiensi bahan bakar untuk penerbangan-penerbangan jarak pendek. Penggunaan pesawat bermesin jet tentu sangat tidak efisien untuk penerbangan antar pulau seperti di Indonesia. Selain itu perawatan mesin turboprop juga cenderung lebih mudah dan murah ketimbang mesin jet.

King Air 350i

Sumber gambar: aircharterservice.co.id
Sumber gambar: aircharterservice.co.id

Pesawat buatan Beechcraft Kanada ini merupakan pengembangan dari pesawat Beechcraft B200 dan 300 yang sudah mulai diproduksi sejak tahun 1970-an. King Air 350i sendiri mulai diperkenalkan sejak tahun 2009. Pesawat seharga USD7,5 juta ini mampu dijejali hingga 11 penumpang dan menjelajah 3.345 km dalam sekali terbang.

Pilatus PC-12NG

Sumber gambar: robbreport.com
Sumber gambar: robbreport.com

Keluarga PC-12 pertama kali dikenalkan tahun 1989 sebagai pesawat bisnis bermesin tunggal termewah di kelasnya. Tahun 2007 pabrikan asal Swiss ini mengenalkan keluarga PC-12 yang paling modern, disebut PC-12NG. Pihak pabrikan sendiri selalu menyebut pesawat ini sebagai versi mewah dari Cessna Grand Caravan.

Tak ingin main-main di pasar high end, Pilatus menggandeng BMW Group Designworks untuk menggarap sisi interior di kabin PC-12NG. Dengan kapasitas enam penumpang, pesawat ini mampu terbang hingga 2.888 km. Mesin tunggalnya mampu digeber hingga 518 km/jam. Harga per unitnya sendiri mencapai USD4,7 juta.

Piaggio Avanti

Sumber gambar: aircharterglobal.co.uk
Sumber gambar: aircharterglobal.co.uk

Pesawat hasil pengembangan perusahaan pembuat motor Vespa di Italia ini merupakan salah satu pesawat yang memiliki bentuk paling unik di dunia. Keunikan utama terletak pada baling-baling yang dibuat menghadap ke belakang, atau biasa disebut dengan pusher configuration.

Di kelasnya, bisa dibilang Piaggio Avanti merupakan pesawat yang paling mahal, dengan harga sekitar USD7,4 juta. Dengan kapasitas penumpang hingga 7 orang, Avanti mampu menerbangkan penumpangnya hingga 2.800 km dan melaju hingga 589 km/jam.

King Air C90GTx

Sumber gambar: Kingairnation.com
Sumber gambar: Kingairnation.com

Sama dengan King Air 350i, C90GTx juga merupakan pesawat buatan Beechcraft, namun dengan kapasitas penumpang yang lebih kecil, yaitu 8 orang. Pihak pabrikan sendiri menawarkan desain interior yang lebih mewah ketimbang King Air 350i. Tak ayal jika harga yang ditawarkan pun lebih mahal ketimbang 350i, yaitu sekitar USD3,6 juta.

Cessna Denali

Sumber gambar: Kingairnation.com
Sumber gambar: Kingairnation.com

Bicara soal pesawat turboprop tentu tak lengkap jika tidak menyertakan Cessna. Pabrikan yang terkenal dengan keampuhan produk pesawat latihnya ini juga mengembangkan produk pesawat baling-baling eksekutif bernama Denali yang baru akan dijual tahun 2018 mendatang.

Saingan terdekat Pilatus PC-12NG ini mampu menjelajah hingga 3.000 km hanya dengan satu mesin. Mesin buatan General Electric GE93 itu mampu digeber hingga 590 km/jam. Berapa harga untuk mendapatkannya? Cessna membuka penawaran Denali di harga USD4,5 juta.

 

 

The post Inilah Jajaran Pesawat Baling-Baling Paling Mewah di Dunia appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *