JAS Kembali Peroleh ISAGO

Sumber gambar: JAS Airport Services

Perusahaan ground handling PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Service) kembali memperoleh sertifikasi ISAGO (IATA Safety Auditor for Ground Operation) untuk stasiun di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Bandara Internasional Juanda (SUB), dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS).

Sertifikat yang diterimanya pada Juni (CGK), Juli (SUB), dan Agustus (DPS) itu sebagai pengakuan bahwa perusahaan sudah memiliki standar keselamatan operasional di sisi darat bandara (ground handling).

Penilaian ISAGO dilakukan dua tahun sekali. Tahun ini, JAS menjalani proses re-sertifikasinya untuk stasiun CGK, SUB, dan DPS, yang akan berlaku sampai tahun 2018. Menurut Safety & Quality Assurance (SQA) Manager PT JAS, Heri Setiawan yang memimpin proses re-sertifikasi tersebut, stasiun di Bandara Internasional Kualanamu (KNO) dan Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) menyusul untuk mendapatkan ISAGO.

”JAS akan selalu melakukan hal yang benar dengan cara yang benar untuk mendapatkan hasil yang tepat. Ini adalah pengalaman yang berulang-ulang kali kami alami dari waktu ke waktu. Bahwa praktik kerja yang baik akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan. Tidak ada jalan instan yang kami tempuh untuk sampai pada hari ini,” tutur Subiyono, Deputi Direktur Operasional (DDO), tadi siang (21/11/2016) di Jakarta.

ISAGO adalah program audit untuk perusahaan ground handling yang melayani maskapai di bandara. Audit ini memiliki standar yang relevan untuk seluruh perusahaan ground handling di dunia, sehingga memiliki kualitas internasional. Tujuannya untuk meningkatkan keselamatan operasional di sisi darat bandara dengan cara mengurangi jumlah kecelakaan dan kerusakan pada pesawat dan peralatan.

Di samping itu, dengan mengantongi sertifikat ISAGO memudahkan maskapai penerbangan untuk mengetahui hasil audit tersebut dan meningkatkan efisiensi dengan mengurangi frekuensi  audit yang  dilakukan oleh maskapai kepada Ground Services Providers (GSP). Pos pembiayaan pun akan berkurang.

Perusahaan ground handling yang telah diaudit untuk mendapatkan sertifikasi  ISAGO  memiliki tingkat keamanan dan keselamatan yang tinggi. Di kawasan Asia Pacifik saat ini, hanya ada 38 perusahaan ground handling yang mendapat sertifikat ISAGO dari IATA. JAS Airport Services menjadi salah satu operator ground handling nasional yang berhasil meraih sertifikat ISAGO sejak tahun 2010.

The post JAS Kembali Peroleh ISAGO appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *