Jauh dari Keluarga, Prajurit TNI Nikmati Indahnya Idul Fitri di Lebanon

Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda Unifil (United Nations Interim in Lebanon) 2016 dibawah pimpinan Kolonel Kav Jala Argananto, M.A. sebagai Komandan Kontingen Garuda Unifil misi PBB di perbatasan Lebanon Selatan-Israel melaksanakan Sholat Idul Fitri 1437 H/2016 M di Lapangan Camp Soedirman, Lebanon Selatan, Rabu (6/7/2016).

Bertindak selaku Imam dan Khotib yaitu Ustad Drs. Rahmansyah Al Faruq dari Staf KBRI, dihadiri  oleh seluruh prajurit Kontingen Garuda yang bertugas di Markas Unifil dari Satgas FHQSU, MCOU, CIMIC, FPC dan SO serta Kontingen dari negara lain.

Suasana shalat idul fitri. Sumber gambar: Penerangan Kontingen Garuda 2016,
Suasana shalat idul fitri. Sumber gambar: Penerangan Kontingen Garuda 2016,

Perayaan Idul Fitri kali ini mempunyai makna tersendiri bagi prajurit Garuda, hal itu dikarenakan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, yang mempunyai tantangan cukup berat, dimana hampir sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa di daerah operasi, disamping harus menyesuaikan waktu puasa yang lebih lama dibanding waktu puasa di Tanah Air yaitu sekitar 17 jam ditambah pula ibadah kali ini jauh dari keluarga yang dicintai.

Usai pelaksanaaan Ibadah Sholat Idul Fitri dilanjutkan  Halal Bihalal oleh Komandan Kontingen Garuda Unifil 2016 Kolonel Kav Jala Argananto, M.A. didampingi para Dansatgas dan Perwira Staf Satgas serta perwakilan Perwira TNI yang bertugas di Markas Unifil.  Dengan bersalam-salaman antara sesama prajurit untuk saling memaafkan.

Saling memaafkan. Sumber gambar: Penerangan Kontingen Garuda 2016
Saling memaafkan. Sumber gambar: Penerangan Kontingen Garuda 2016

Indahnya perayaan hari lebaran pada tahun ini memang tidak mereka dapatkan di Tanah Air bersama keluarga, namun suasana kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang sudah terjalin selama 6 bulan di medan operasi bisa menggantikan suasana lebaran yang seperti mereka rasakan diwaktu-waktu sebelumnya.

Selesai halal bihalal bersama prajurit kegiatan dilanjutkan menuju Kantor Kedutaan Besar RI di Beirut untuk melaksanakan silaturahmi dan halal bihalal dengan masyarakat Indonesia yang berada di Lebanon, termasuk dengan Duta Besar RI untuk Lebanon beserta staf.

The post Jauh dari Keluarga, Prajurit TNI Nikmati Indahnya Idul Fitri di Lebanon appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *