Mau Tahu Seperti Apa Diksarmil Menwa Di Menkav 2 Marinir?

Sampai hari ini Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) Resimen Mahasiswa (Menwa) se-DKI Jakarta (Skomen Jaya) masih berlangsung di Resimen Kavaleri 2 Marinir, Cilandak, Jakarta. Sebanyak 210 siswa peserta yang terdiri dari 140 kader Menwa dan 70 orang lainnya dari beberapa ormas menjalani pendidikan dan pelatihan tersebut. Mungkin ada sebagian dari Anda yang belum tahu seperti apa Diksarmil Menwa seperti apa khususnya yang kali ini berketempatan di Menkav 2 Marinir? Berikut penuturan Komandan Latihan Diksarmil Menwa.

Pada kegiatan tersebut, siswa peserta akan mendapatkan berbagai wawasan dan keterampilan kemiliteran serta pemantapan nilai-nilai kebangsaan. Pada hari pertama dilakukan pembekalan tentang wawasan nusantara dan latihan fisik kecil. Pada hari kedua latihan fisik secara konstan akan ditambahkan untuk mengolah raga siswa. Di hari selanjutnya, porsi latihan mereka pun akan terus ditingkatkan.

“Mungkin bisa ditambah porsinya, tapi untuk di awal ini belum, mungkin nanti hari ketiga, hari keempat hari, hari kelima dan seterusnya kita tambah lagi,” ujar Komandan Latihan Kapten Marinir Imran Yusuf saat ditemui tim Angkasa di sela-sela waktu latihan.

Dalam Diksarmil diberi pula materi latihan seperti PBB (Peraturan Baris Berbaris), bela diri,mountaineering, survival, renang, eksposisi perahu karet dan materi khusus Menkav. Untuk bela diri, selain karate akan diajarkan pula wushu kepada siswa.

Imran memaparkan, siswa peserta akan latihkan PBB untuk kekompakan, diberikan latihan karate untuk bela diri mereka yang berikutnya akan kita tambah dengan latihan wushu dan mountaineering dari pembekalan materi hingga praktik panjat tebing dan rappelling. Akan diajarkan juga kemampuan dalam melempar kapak dan pisau serta menembak pada mereka. Siswa pun akan kenalkan persenjataan-persenjataan yang ada di Marinir.

Kemudian siswa peserta akan dilatih renang dengan dua suasana, yakni siang dan malam. Untuk permulaan siswa akan dilatih renang di fasilitas renang yang ada di Menkav, kemudian siswa akan melakukan praktik renang di laut, tepatnya di Tanjung Pasir, Tangerang. Pada tempat yang sama (Tanjung Pasir), siswa juga akan diajarkan materi eksposisi dan dayung perahu karet.

“Kita akan latih berenang, awalnya disini, berenang suasana siang dan berenang suasana malam. Berikutnya kita latih berenang di laut, di Tanjung Pasir, Tangerang, untuk renang siang, senang malam dan kita latih eksposisi perahu karet serta dayung perahu karet,” jelas Imran yang sehari-hari menjabat sebagai Pasi 2 Yon Kapa 2 Marinir.

Imran menambahkan, untuk materi renang ia akan melihat siswa pesertanya mampu renang mahir atau tidak, bagi yang belum bisa kita lepas dari tepi dulu. Sementara bagi yang sudah mahir nanti ditaruh tanda sejauh 500 sampai 600 meter dari bibir pantai, lalu mereka akan berenang dari tepi sampai tanda yang kita taruh lalu berenang kembali ke posisi awal.

Berhubung Diksarmil kali ini berketempatan di Menkav 2 Marinir, akan pula diberikan materi khusus pengenalan kendaraan tempur (ranpur) yang ada di Menkav 2 Marinir.

“Untuk materi yang khas Menkav kita perkenalkan ranpur-ranpur yang khas Menkav. Namanya Kavaleri kan kita mengawaki tank-tank amfibi, Ranranfib dan KAPA (kendaraan ambifi pengangkut altileri). Kalau tank itu ada dua BMP-3F dan PT-76 yang memiliki canon, kalau Ranranfib itu ada LVT-7 dan BTR-50 untuk angkut personil dan kalau KAPA itu mengangkut altileri seperti Howitzer,” urai Imran.

Baca Juga:

140 Kader Menwa Jalani Diksarmil di Menkav 2 Marinir

The post Mau Tahu Seperti Apa Diksarmil Menwa Di Menkav 2 Marinir? appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *