Pak Ustadz ini Mahir Mengoperasikan Stinger!

Sosok pria paruh baya ini bertubuh kecil, jauh dari kesan kekar apalagi tegap. Tapi, dibalik penampilan tak meyakinkan ini, siapa sangka Ustadz Abdurrahman Ayyub mahir mengoperasikan rudal antipesawat Stinger dan rudal antitank Milan.

Rudal-rudal portabel ini terbilang senjata yang amat mematikan dan populer di berbagai medan pertempuran. Ia juga piawai membaca peta, membuat bom, merakit senapan Khalasnikov, serta menyusun taktik tempur demi mengalahkan musuh.

Kemampuan itu didulang dan semakin terasah tatkala berjihad sebagai foreign fighter di Afghanistan melawan tentara Uni Soviet antara 1987-1991. Tak ayal, ketika penggalan kisah hidup itu diceritakan di hadapan seribu peserta Dialog Pencegahan Paham Radikal Terorisme dan ISIS di Kalangan Guru, Rohis SMA dan Sederajad se-Jabodetabek (9/6/2016) di Jakarta, aplaus dan sorak-sorai bergemuruh di ruang pertemuan. Peserta yang umumnya anak muda ini seolah haus dengan epik kepahlawanan seperti yang dimiliki Ustadz Ayyub.

Ustadz Abdurrahman Ayyub di sela-sela seminar BNPT. Sumber gambar: Julius Rendy
Ustadz Abdurrahman Ayyub di sela-sela seminar BNPT. Sumber gambar: Julius Rendy

Sejurus, Abdurrahman Ayyub memang begitu menikmati aplaus dan derai sorak yang diarahkan kepadanya. Namun, dirinya tak bisa menahan nasihat bahwa perjuangan di tanah Afghanistan itu bukanlah kisah yang layak ditiru. Semua itu, katanya, semata-mata dilakukan akibat indoktrinasi dari tokoh gerakan Islam radikal, tak berapa lama setelah menamatkan bangku STM.

The post Pak Ustadz ini Mahir Mengoperasikan Stinger! appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *