Pemprov DKI Jakarta Bersama Whitesky Aviation Sediakan Helikopter untuk Kondisi Darurat

whitesky aviation

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta memiliki terobosan inovatif dalam hal pelayanan publik, khususnya pertolongan darurat pada saat terjadi bencana atau ketika kemacetan parah. Pemprov DKI Jakarta bersama dengan PT Whitesky Aviation menyediakan helikopter untuk penanganan kondisi darurat tersebut yang akan disiapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wilayah DKI Jakarta.

Pengaplikasian penanganan kondisi darurat dengan menggunakan helikopter memang jarang dilakukan. Padahal sudah banyak negara yang menggunakan helikopter untuk pertolongan darurat, seperti di Brazil dan Australia. Moda transportasi ini memiliki banyak keunggulan, baik daya jangkau hingga efisiensi waktu. Atas dasar tersebut, Whitesky Aviation menyambut sangat positif dengan adanya penggunaan helikopter sebagai pemecah masalah publik.

Baca Juga:

500 Penelepon Ingin Terbang dengan Helicity

Medevac Helikopter di Jakarta Harus Ditingkatkan

“Kami sangat mendukung terobosan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam pemberian pertolongan darurat kepada warga. Helikopter bukan lagi transportasi eksklusif, tapi transportasi yang dapat digunakan oleh siapapun, termasuk untuk penanganan kondisi-kondisi yang sangat genting,” ungkap CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja saat acara penandatangan program bantuan dari Whitesky di kantor Gubernur DKI Jakarta , Jumat (21/10/2016).

Gagasan untuk mengembangkan layanan darurat ini, kata Denon, muncul ketika kemacetan parah sepanjang 20 kilometer pada musim mudik Lebaran pada Juli lalu di tol Brebes Timur yang dijuluki “Brexit”. Akibat kejadian itu, ada korban meninggal dunia karena kurangnya layanan medis yang dapat dengan cepat tiba di lokasi darurat.

Baca Juga:

Whitesky Aviation Gandeng Sekolah Pilot Selandia Baru Didik 100 Pilot Heli

WhiteSky dengan Textron Tandatangani LoI Pembelian 30 unit Helikopter

Layanan medis helikopter sesungguhnya dapat dilakukan dan Ini bukan suatu hal yang baru. Di banyak negara-negara maju, hal demikian sudah menjadi umum dan bukan sesuatu yang eksklusif. Pada saat bencana Garut, Whitesky juga turut mengambil peran untuk mengantarkan bantuan melalui helikopter.

“Ini menjadi solusi alternatif yang efektif,” kata Denon seraya berharap sumbangannya tersebut akan bermanfaat bagi publik dan pemerintah.

Apabila Pemprov  DKI Jakarta mengadopsi penanganan kondisi-kondisi darurat tersebut secara berkelanjutan akan memberikan nilai tambah bagi Ibukota negara ini. Pelayanan publik yang semakin komprehensif akan meningkatkan kepuasan warga. Langkah inovatif tersebut juga akan membawa DKI Jakarta dalam jajaran kota-kota yang serius menangani bencana maupun kondisi darurat lainnya dengan mengoptimalkan jalur udara.

The post Pemprov DKI Jakarta Bersama Whitesky Aviation Sediakan Helikopter untuk Kondisi Darurat appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *