Pengoperasian T3 Ultimate Diundur Setelah Lebaran

Rencana pengoperasian sebagian Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta dipastikan diundur sampai dengan setelah Lebaran atau sekitar 6-7 Juli 2016. Kepastian tersebut disampaikan oleh Direktur Kebandaraudaran Ditjen Perhubungan Udara Yudhi Sari Sitompul dalam jumpa pers malam ini.

“Setelah dilakukan pengetesan terkait sistem keselamatan, keamanan dan pelayanan penumpang, masih belum memenuhi syarat. Dengan demikian diputuskan pengoperasian sebagian T3 Ultimate diundur hingga setelah lebaran,” ujarnya.

Secara spesifik, Yudhi Sari mengungkapkan permasalahan ada pada pasokan listrik dari genset yang merupakan pelapis dari listrik utama dari PLN. “Jadi pada saat kita coba pakai listrik PLN, semua sistem di check in, garbarata, eskalator dan sebagainya itu berjalan dengan baik. Waktu listrik PLN dimatikan dan diganti genset, listriknya hanya sampai ke panel distribusi. Sehingga peralatan-peralatan tersebut tidak bisa beroperasi,” lanjutnya.

Macetnya listrik pelapis dari genset tersebut juga mempengaruhi mobile tower ATC yang sudah disiapkan. Padahal mobile tower ATC tersebut diperlukan sebagai perpanjangan tangan dari tower ATC utama di bandara teraebut. Mengingat pandangan dari tower tidak bisa menjangkau keseluruhan pergerakan pesawat di T3 Ultimate.

“Karena pasokan listriknya tidak ada, mobile tower ATC itu juga tidak bisa beroperasi,” tambah Direktur Keamanan Ditjen Perhubungan Udara Nasir Usman yang juga turut hadir dalam jumpa pers tersebut.

Menurut Yudhi Sari, adanya listrik pelapis dari genset tersebut adalah suatu keharusan bagi pengoperasian sebuah bandara. Jika pasokan listrik utama mati, dalam sepersekian detik listrik pelapis dari genset sudah harus beroperasi. Dengan demikian sistem keselamatan, keamanan dan pelayanan penumpang tidak terganggu.

The post Pengoperasian T3 Ultimate Diundur Setelah Lebaran appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *