Perayaan HUT ke-71 TNI Dilaksanakan Sederhana, Ini Jawaban Panglima TNI

perayaan hut ke-71 TNI

Perayaan HUT (Hari Ulang Tahun) ke-71 TNI tahun ini dilaksanakan secara sederhana dan tidak terpusat. Hal tersebut sangat berbeda pada perayaan HUT TNI pada tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara besar-besaran dengan mengerahkan beragam alutsista (alat utama sistem persenjataan) untuk memeriahkan HUT TNI. Menanggapi pertanyaan itu, Panglima TNI Gatot Nurmantyo pun menjawab pertanyaan itu seusai memimpin upacara HUT ke-71 TNI di Mabes (Markas Besar) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pagi (Rabu, 5/10) tadi.

Menurut penuturannya, pelaksanaan perayaan HUT ke-71 TNI yang dilaksanakan secara sederhana dan tidak terpusat ini adalah ide dari TNI. “Saya laporkan kepada presiden dan presiden sangat mengapresiasi,” ungkap Gatot kepada para awak media yang turut hadir.

Ia menerangkan bahwa kesederhanaan perayaan HUT TNI tahun ini lantaran alutsista modern yang dimiliki TNI belum sepenuhnya hadir. Maka menurut hematnya, perayaan HUT ke-17 TNI ada baiknya dilakukan dengan cara sederhana, namun tetap tidak mengurangi rasa khidmat perayaan tersebut.

Baca Juga:

Panglima TNI Sematkan Tanda Kehormatan Kepada 78 Pati TNI

TNI dan AB India Bahas Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan

“Saya bangga kepada negara Indonesia saat ini, bahwa negara Indonesia saat ini di dalam krisis dunia adalah negara yang ekonominya sepuluh besar terbaik, di atas Inggris dan Perancis. Tetapi jangan kita bangga dalam kondisi seperti ini semuanya sama-sama sulit di negaranya dan di luar negeri juga. Maka tidak sepantasnya TNI melakukan kegiatan-kegiatan demonstrasi besar-besaran seperti dulu,” jelas Gatot.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa alat utama dan sistem persenjataan yang kita akan demonstrasikan juga masih sama seperti yang kemarin (tahun sebelumnya). Jadi diharapkan pada tanggal 5 Oktober 2017 sudah mulai berdatangan (alutsista), karena ulang tahun TNI dalam bentuk parade defile dan demonstrasi atraktif alutsista itu hakikatnya adalah laporan TNI kepada seluruh rakyat.

Sebelum mengakhiri, Gatot menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat sebangsa dan setanah air, karena telah memberikan kepercayaan kepada TNI dalam menjalankan tugas negara.

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kepercayaan dan kebersamaannya, sehingga sampai saat ini TNI mampu melaksanakan tugas, itu karena kepercayaan dan kebersamaan masyarakat,” pungkasnya.

perayaan hut ke-71 TNI
Sumber gambar: Ery

Perayaan HUT ke-71 TNI yang dilaksanakan di Mabes TNI diikuti oleh 1.000 peserta upacara yang terdiri dari seluruh prajurit dan PNS (Pegawai Negari Sipil) yang berada di lingkungan Mabes TNI. Setelah usai melakukan Upacara, kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dengan melakukan potong tumpeng dan makan bersama dengan seluruh peserta upacara dan awak media yang hadir.

Baca Juga:

Panglima TNI: Menjaga Pulau Terluar, Ini adalah Kebanggaan

Panglima TNI Minta Pengikut Santoso Segera Turun

 

The post Perayaan HUT ke-71 TNI Dilaksanakan Sederhana, Ini Jawaban Panglima TNI appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *