Perkembangan Kasus Hukum Aa Gatot Brajamusti: Tak Kunjung Dapat Ajukan Pledoi

Sumber

Kapanlagi.comAa Gatot Brajamusti kembali menjalani sidang atas kasus kepemilikan senjata api dan satwa liar ilegal. Sidang ini molor dari waktu yang ditentukan. Sejak terdakwa datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018) pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.35 WIB sidang yang beragendakan pembacaan pledoi atau nota pembelaan itu tak kunjung terlaksana.

Gatot Brajamusti mulai memasuki ruang sidang sejak pukul 16.40 dengan pengawalan petugas pengadilan. Pemain film AZRAX ini sempat menyapa awak media dengan melambaikan tangan.

Setelah masuk ruangan persidangan, Gatot Brajamusti dengan sabar menunggu giliran sidang. Setidaknya hingga kini, sudah hampir tiga jam mantan ketua umum PARFI itu menunggu.

Sidang lanjutan Aa Gatot. © KapanLagi.com®/Budy SantosoSidang lanjutan Aa Gatot. © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Tampak istri dan anak Gatot Brajamusti menunggu di luar persidangan sambil sesekali mengintip. Pria yang sempat dikabarkan punya hubungan spesial dengan Reza Artamevia itu pun sempat ke luar ruang sidang seraya mengeluh kegerahan.

Sebelumnya, Gatot Brajamusti dituntut hukum tiga tahun penjara atas dua kasus tersebut. Selain itu, JPU juga meminta Gatot membayar denda Rp 10 juta subsider tiga bulan kurungan.

Sarwoto menyatakan bahwa Gatot Brajamusti dinilai terbukti melakukan tindak pidana seperti diatur dalam Pasal 21 Ayat 2 huruf a Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem karena memiliki satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup. Gatot juga dinilai melanggar Pasal 1 Ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 karena memiliki senjata api.

Selain kasus kepemilikan senjata dan satwa liar, Gatot Brajamusti juga terlilit kasus narkoba dan pencabulan salah satu murid spiritualnya, CT. Akibat dugaan tindak pelecehan seksual itu, Gatot Brajamusti dituntut 15 tahun penjara.

Reporter: Fajarina/Liputan6

Berita Foto

(kpl/lip/rna)


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:29 Stack trace: #0 /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(567): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home2/corongid...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig() #2 {main} thrown in /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 29