Pesawat F-35 Jepang Dipamerkan Kepada Khalayak

Menteri Pertahanan Jepang Kenji Wakamiya saat memberi sambutan di acara peluncuran F-35. Sumber gambar: Lockheed Martin

Pejabat tinggi Angkatan Udara Beladiri Jepang dan petinggi USAF memamerkan pesawat F-35 Lightning II milik Jepang untuk pertama kalinya di Fort Worth, Texas (23/9/2016).

Menteri Pertahanan Jepang Kenji Wakamiya mengatakan, kehadiran pesawat F-35 Lightning II ini sangat berarti bagi Jepang. Selain untuk menambah kekuatan pertahanan udara Jepang, F-35 juga dipercaya akan menambah kekuatan ekonomi Jepang saat produksinya dan pemeliharaannya dilakukan di Jepang.

Kanada Lebih Suka Super Hornet
F-35 saat menjalani uji. Sumber gambar: f35.com

Dalam kerjasama pengadaan pesawat F-35 ini Jepang lewat Mitsubishi Heavy Industries mendapat lisensi untuk membangun fasilitas produksi dan pemeliharaan pesawat tersebut untuk pasar Asia dan Pasifik.

“Saat ini situasi di sekitar Jepang semakin memanas, sehingga penting bagi Jepang untuk menambah kemampuan pertahanannya dari tahun ke tahun, termasuk dengan mengoperasikan pesawat F-35,” jelas Wakamiya.

Japan berencana akan mengoperasikan 42 pesawat F-35 Lightning II. Dalam kontraknya disebutkan bahwa 4 unit F-35 pertama akan diproduksi di fasilitas produksi Lockheed Martin di Fort Worth, Texas, 38 unit sisanya akan dibuat di pusat produksi Mitsubishi Heavy Industries di Nagoya, Jepang.

The post Pesawat F-35 Jepang Dipamerkan Kepada Khalayak appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *