Bawaslu Ajak Masyakarat Pantau Pemilu 2019

Bawaslu Ajak Masyakarat Pantau Pemilu 2019

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat Abhan – Medcom.id/Intan Yunelia.

Jakarta: Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat Abhan menegaskan Pemilu 2019 perlu partisipasi masyarakat dalam pengawasannya. Ini supaya pileg dan pilpres berjalan baik dan jujur. 

“Kami menyadari bahwa objek pengawasan sangat luas, sumber daya manusia (SDM) juga sangat terbatas di pengawas pemilu,” kata Abhan di Media Center Bawaslu RI, Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 27 Maret 2018.

Dia bilang tahapan pemilu legislatif dan pilpres sudah berjalan sejak sekarang. Penetapan partai politik sudah dilakukan, tinggal penetapan calon.  

“Untuk itu kami akan senantiasa mendorong sebuah partisipasi masyarakat dalam ikut serta mengawasi tahapan pemilu,” ujar Abhan.

(Baca juga: KPU Punya 3 Opsi Ganti Cakada Tersangkut Pidana)

Dia mengungkapkan sudah ada beberapa lembaga yang mendaftarkan diri sebagai pemantau pemilu. LSM itu nantinya akan diproses untuk diikutseratakan dalam pengawasan Pemilu 2019. 

“Salah satunya hari ini yang mendaftar adalah JPPR,” terang Abhan.

Sebelumnya, pendaftaran pemantau pemilu melalui KPU. Namun, pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu mengatakan pendaftaran melalui Bawaslu.

Nantinya, Bawaslu akan melakukan verifikasi dan menentukan lembaga yang lolos untuk menjadi bagian dalam pemantauan jalannya pemilu nanti.

(REN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *