Bawaslu Sekadau : Ada Penambahan 203 TPS Pada Pemilu 2019

Sumber

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU – Komisioner Bawaslu lainnya Teodurus Sutet mengatakan, pada pemilu 2019 akan ada penambahan pada jumlah TPS. Pada 2018 TPS di Kabupaten Sekadau berjumlah 469, maka pada pemilu 2019 akan berjumlah 672 TPS.

“Ada dua kecamatan yang penambahan TPS nya cukup besar, yaitu Kecamatan Nanga Mahap dan Kecamatan Nanga Taman. Dengan demikian indikasi terjadinya pelanggaran juga dinilai cukup tinggi,” ujarnya.dalam sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, di gedung Ketaketik Jl. Merdeka Selatan, Jumat (10/8/2018).

Baca: Siswa SD Bawamai Antusias Ikuti Kegiatan Jumat Bersih

Baca: Jelang Pemilu 2019, Bawaslu Sekadau Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Sementara Komisioner Bawaslu Kabupaten Sekadau lainnya Al Aminuddin mengatakan, untuk menjalankan kewenangan berangkat dari pengawasan yang dilakukan dengan cermat. Sumber temuan pelanggaram bisa diperoleh dengan cermat dan teliti.

“Tugas pengawasan harus ditingkatkan. Mencegah politik uang desa, menjaga netralitas dan mengawasi sosialisasi dan lainnya,” ujarnya

Ia juga meminta kepada PPL yang menindak pelanggaran, dan hasil pengawasan langsung disampaikan ke Panwascam. Terkait pelanggaran, kata dia, ada beberapa perbedaan.

Jadi nanti kabupaten akan menangani secara keseluruhan. Satu kewenangan urgent memediasi masalah sengketa. Ini bisa muncul dari bawah. Untuk itu, kata dia, rekomendasi itu harus ada, dan bagaimana mengamati secara cermat, mengkaji suatu peristiwa.

“Beberapa evaluasi, yang saya tekankan kemarin saya minta rekap pelanggaran administrasi yang direkomendasi. Itu PR kedepan agar hasil pengawasan hasil perbaikan mohon didata,” tukasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *