Demonstran Tolak Kemenangan Orban dalam Pemilu Hungaria

Sumber

AKURAT.CO, Puluhan ribu orang berunjuk rasa di Budapest menentang terpilihnya kembali pemerintahan sayap kanan Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orban.

Para penentang Orban memenuhi ibu kota pada Sabtu (14/4) waktu lokal untuk menentang sistem pemilu yang tidak adil. Jumlah serupa juga menghadiri demonstrasi pro-Orban bulan lalu.

Demonstrasi ini hanya enam hari setelah Partai Fidesz yang berkuasa menang dua per tiga kursi parlemen. Orban merupakan tokoh anti-Euro yang mengkampanyekan kebijakan anti-imigran.

Unjuk rasa ini digelar melalui grup Facebook “We are the majority”. Para penyelenggara unjuk rasa akan kembali menggelar unjuk rasa pada akhir pekan depan.

Koresponden BBC Nick Thorpe melaporkan dari Budapest bahwa sekitar 100.000 orang menghadiri unjuk rasa itu. Banyak demonstran yang membawa bendera Hungari dan Uni Eropa.

Personil kepolisian dalam jumlah besar dikerahkan di ibu kota, termasuk personil anti-huru hara. Meski demikian unjuk rasa berjalan damai.

Para orator dalam unjuk rasa itu menyebut Orban melakukan kecurangan pemilu dan korupsi serta penyalahgunaan kekuasaan selama pemerintahannnya. Ditanya tentang prospek unjuk rasa selanjutnya, Orban dengan simpel menjawab, “Kami menang, itu saja.”

Pengunjuk rasa menuntut penghitungan kembali surat suara, undang-undang pemilu baru, media publik non-partisan dan kerja sama lebih baik antar partai anti pemerintahan Fidesz. Banyak yang berunjuk rasa di jalanan ke parlemen adalah pemuda.

“Kami ingin tinggal di negara hukum, di mana pemeriksaan dan keseimbangan ada. Kami ingi ntinggal di demokrasi sesungguhnya,” papar penyelenggara unjuk rasa Viktor Gyetvai, 20.

“Ini peluang terakhir kita untuk melakukan sesuatu bagi negeri ini,” ujarnya.

Banyak partai dan gerakan penentang pemerintahan Orban, termasuk nasionalis sayap kanan Jobbik yang ikut dalam unjuk rasa itu. []


Editor. Ainurrahman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:30 Stack trace: #0 /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(648): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home2/corongid...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('transient') #2 {main} thrown in /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 30