Dilantik Serentak, 75 PPK dan 810 PPS Pemilu Siap Bertugas

Sumber

Plh Ketua KPU Minahasa, Dicky Paseki,SH.MH saat melantik PPK dan PPS Pemilu 2019, Jumat (9/3).

Tondano, MS

Sebanyak 75 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 810 Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas dalam tahapan Pemilu 2019 resmi dilantik, Jumat (9/3), di gedung Wale Ne Tou Tondano. Pelantikan secara serentak ini dilakukan oleh Pelaksana Harian (Plh) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa, Dicky Paseki, SH.MHdidamping Komisioner KPU Kristoforus Ngantung S.Fils dan Lord Malonda, S.Pd.

Paseki dalam sambutannya mengatakan, secara personil anggota PPK untuk betugas pada tahapan Pemilu 2019 mengalami penurunan, dimana sebelumnya lima anggota menjadi tiga. “Aturan ini sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan berlaku di seluruh daerah se Indonesia termasuk Kabupaten Minahasa,” paparnya.

Menurutnya, ini merupakan tantangan bagi penyelenggara Pemilu. Untuk itu dia mengajak semua elemen untuk bersatu hati dan berkomitmen dalam menyukseskan tahapan pemilu 2019.

“Komiten artinya, tidak ada yang dapat mengombang-ambingkan kita, dan harus independen, netral, serta memegang teguh pakta integritas,” lugas Paseki.

Namun, lanjut dia, semua itu juga datang dari hubungan dengan Tuhan. “Selamat kepada anggota PPK dan PPS yang baru,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow, M.Si dalam sambutan yang dibawakan oleh Sekda Minahasa, Jeffry Korengkeng, SH, M.Si mengatakan, kegiatan pelantikan anggota PPK dan PPS, bukti kesiapan Kabupaten Minahasa turut mensukseskan Pemilu tahun 2019.

“Ini merupakan tahapan yang wajib, baik Pilres dan Pileg sebagai mana amanat UU no 7 tahun 2017. Dan saya memberikan apresiasi dan mendukung kepada KPU yang terbilang sukses menjalankan tahapan secara tertib dan bertanggung jawab, jujur dan adil. Terima kasih juga kepada semua penyelenggara,” tutur Korengkeng.

Diakhir acara, Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafeth Tinangon S.Si M.Si berterima kasih kepada semua pihak yang sudah turut serta dalam tahapan rekrutman anggota PPK dan PPS Pemilu 2019.

“Terima kasih juga kepada pemerintah yang sudah support, berikan apa yang dibutuhkan dalam tahapan. Kepada Panwas, terima kasih juga karena sampai pada puncak rekrutan, tidak ada masalah atau teguran. Terakhir, terima kepada anggota yang tidak terakomodir bisa menerima,” ungkapnya.

Bagi PPK dan PPS yang belum masuk, Tinangon berharap agar jangan berkecil hati. “Bukan berarti yang tidak direkrut tidak berkualitas, tetapi masalah posisi terbatas. Keputusan harus kami ambil. PPK dan PPS harus siap untuk dipilih dan terpilih,” harap Tinangon sembari menambahkan, untuk anggota PPK dan PPS yang baru dilantik, mulai bertugas 9 Maret 2018.

Turut hadir dalam pelantikan ini Dandim 1302, Letkol Jubert Purnama, STh, perwakilan Kejari Minahasa, Pimpinan Panwaslu Minahasa, Erwin Sumampouw, Sekertaris KPU, DR Meidy Malonda, tokoh agama, serta anggota PPK dan PPS yang dilantik. (jackson kewas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *