Dinyatakan Sukses Oleh Partai, Panwas dan KPU Kota Batu Diminta Gandeng Masyarakat

SURYAMALANG.COM, BATU – Roadshow terkait sosialisasi kampanye Pilgub Jatim 2018 yang dilakukan Panwas, dinilai sukses oleh partai di Kota Batu. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua DPD Nasdem Kota Batu, Sujono Djonet.

Ia mengatakan kalau dari partainya memberi masukan agar Panwas Kota Batu dan KPU Kota Batu lebih sering bertemu dengan seluruh lapisan masyarakat untuk sosialisasi.

“Setidaknya intens memberikan sosialisasi terkait Pilgub Jatim 2018 ini ke masyarakat. Agar penerapan aturan terkait pemilu ini mudah dipahami,” kata dia kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (28/3/2018).

Karena sosialisasi ini juga merupakan bagian dari upaya dalam menjaga kondusivitas Pemilu.

“Kalau sekadar melalui Partai mungkin kurang ya. Harus bisa mendekatkan diri ke masyarakat,” imbuh dia.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Nurochman, Ketua DPC PKB Kota Batu. Ia menyarankan ke Panwas dalam melakukan sosialisasi perundangan tidak hanya ditujukan kepada partai politik saja. Melainkan juga kepada kelompok masyarakat berbasis komunitas.

“Sehingga sinergitas antara Panwaslu, KPU dan Parpol sebagai penyelenggara dan peserta pemilu, bisa terjalin baik dan semakin berkualitas,” ungkap dia.

Dalam hal ini PKB mendukung sepenuhnya upaya penyelenggara pemilu untuk mengupayakan pemilu yang lebih baik. Menurutnya penyelenggara yang independen, netral dan profesional, sangat dibutuhkan.

“Lebih penting lagi bersama-sama mengedukasi masyarakat pemilih. Agar menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggungjawab,” tuturnya.

Ketua Panwas Kota Batu, Abdurrochman mengatakan, kalau selama roadshow, banyak partai yang masih belum memahami terkait peraturan baru sesuai dengan PKPU 4 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Pemilu.

Ia mencontohkan, semisal terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Partai ini masih belum memahami desain, lokasi pemasangan APK di zona-zona yang telah ditempati. Semisal ada timses dan partai yang memasang di daerah yang jarang dilalui kendaraan.

“Tujuannya roadshow ini juga mengedepankan pencegahan pelanggaran pidana pemilu, bukan hanya administratifnya,” ungkapnya.

Tapi, lanjutnya, sosialisasi ini sangat disambut baik oleh setiap partai. Partai sangat terbantu dengan penjelasan regulasi terkait Pemilu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *