Farhan Hamid Kembali Masuk DCS Pemilu 2019

Laporan Fikar W.Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA – Nama politisi senior Aceh, DR. Ahmad Farhan Hamid, MS, kembali muncul dalam daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif (Caleg) 2019.

Farhan yang terakhir menjabat sebagai Anggota DPD RI (2009-2014), masuk dalam DCS Partai Amanat Nasional (PAN).

“Atas aspirasi masyarakat dan permintaan dari DPP PAN, saya siap menjalankan kembali tugas ini,” kata Farhan Hamid saat dikonfirmasi mengenai kebenaran dirinya ikut masuk dalam daftar Caleg  PAN 2019.

(Baca: ‘Bitcoin’ Halalkah?)

(Baca: Saat Pemegang Obligasi Pesawat Tagih Utang ke Bank Indonesia, Malah Dibilang ‘Terlambat Datang’)

(Baca: Obligasi Aceh Mengapa tidak?)

(Baca: Memahami Reksadana dan Obligasi)

Farhan Hamid adalah sosok yang memiliki pengalaman panjang dalam dunia politik.

Ia tercatat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PAN pada periode 1999-2004, ikut menggagas Aceh sebagai daerah otonomi khusus serta implementasi Syariat Islam dengan melahirkan UU 18 Tahun 2000, serta turut melahirkan dan menghadiri penandatanganan CoHA, penghentian permusuhan antara RI dengan GAM di Jenewa, 2002.

Kemudian pada 2004-2009, anggota DPR RI PAN Dapil Aceh 2 ini ikut melahirkan dan menghadiri penandatangan MoU Helsinki, nota kesepahaman antara RI dengan GAM di Helsinki, 2005.

Juga aktif menampung aspirasi berbagai pihak untuk melahirkan UUPA 2006.

Berikutnya pada 2009-2014, Farhan Hamid masuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan dipercaya sebagai Wakil Ketua MPR RI dari unsur DPD.

Ia menulis sejumlah buku dan terus menerus memfasilitasi pelestarian perdamaian Aceh, membantu pembangunan Aceh dalam perspektif yang luas.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *