Hasil Survei Tak Membahagiakan, Nasdem Tetap Bidik Tiga Besar di Pemilu

Home / News / National

Hasil Survei Tak Membahagiakan, Nasdem Tetap Bidik Tiga Besar di Pemilu

Senin, 26 Mar 2018 07:24 WIB
Redaktur: Nicky Aditya
Reporter: Aristo Setiawan

single-post

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh (Diki/Kriminalitas.com)

KRICOM – Posisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) terancam tidak lolos ke parlemen. Berdasarkan hasil survei dari Polcomm Institute, partai di bawah kepemimpinan Surya Paloh ini hanya mengantongi elektabilitas sebesar 2,50 persen.

Sedangkan syarat bagi partai politik untuk lolos ke parlemen yakni memiliki minimal empat persen dari total suara pemilih dalam Pemilu.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago tidak khawatir akan hasil survei yang dikeluarkan Polcomm. Justru dia menilai survei Polcomm tampak tidak masuk akal.

“Dulu tahun 2014 kami belum punya Anggota DPR saja bisa dapat 6,8 persen. Sekarang punya Anggota DPR, punya bupati, walikota dan gubernur, masak enggak bisa lebih Dari 6,8 persen. Enggak masuk akal kan,” kata dia saat dihubungi Kricom, Minggu (25/3/2018).

Menurut dia, Nasdem punya ambisi besar dalam Pemilu 2019. Ambisi partai bercorak warna biru ini tidak sekedar lolos ke parlemen. Mereka menargetkan menembus posisi tiga besar Pemilu 2019.

“Target Kami masuk 3 besar. Bukan sekedar lolos parliamentary treshold,” lanjutnya.

Keyakinan itu bukan tanpa dasar. Menurut Irma, Partai Nasdem bergerak serius mewujudkan ambisi. Satu caranya dengan merekrut beberapa tokoh yang berpotensi mendulang suara tinggi, seperti Sahrul Yasin Limpo.

“Sudah saya bilang kami punya bupati, walikota dan gubernur. Insya Allah yakin,” tegas dia.

PolcoMM Institute merilis hasil penelitian atas survei yang dilakukan terkait partai pemilik elektabilitas tertinggi. Ada beberapa partai yang kini bercokol di parlemen, namun terancam tidak lolos syarat parliamentary threshold sebesar 4 persen. Beberapa partai itu yakni NasDem, PPP dan Hanura.

Hasil survei Polcomm menyatakan elektabilitas NasDem, hanya sebesar 2,50 persen, sementara PPP sebesar 2,17 persen, dan Hanura yang memiliki elektabilitas 2,08 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *