Inas: Jokowi Selamatkan Prabowo saat Debat Keempat

Inas: Jokowi Selamatkan Prabowo saat Debat Keempat - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Inas N Zubir menilai, calon presiden Prabowo Subianto sangat beruntung pada debat keempat calon presiden yang digelar di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Calon presiden nomor urut 02 itu cukup beruntung, karena lawan debatnya calon presiden Joko Widodo memahami kondisi fisik Prabowo yang sejak awal terkesan sangat tegang.

“Jadi sangat beruntung, Jokowi menurunkan ketegangan dalam debat capres tersebut dengan closing statement yang menyejukan, sehingga membuat Prabowo Subianto nyaman dan tidak mengalami kejadian yang tidak diinginkan,” ujar Inas di Jakarta, Senin (1/4).

BACA JUGA: Terungkap, yang Disasar Prabowo saat Bicara soal TNI Bukan Jokowi, tapi…

Menurut Ketua DPP Partai Hanura ini, Prabowo terkesan tegang karena tidak nyaman menjawab ‘serangan’ Jokowi. Akibatnya, tubuh melepaskan hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol.

“Hormon-hormon itu tentunya membuat jantung berdebar lebih kencang, otot-otot menegang, peningkatan tekanan darah dan membuat napas juga berlangsung lebih cepat,” ucapnya.

Inas khawatir, jika Prabowo tetap marah-marah dalam debat, bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunnya kadar kolesterol baik (HDL).

“Kalau dibiarkan dampaknya berupa sensasi tegang atau kaku pada leher bagian belakang dan sakit kepala bahkan pingsan. Untungnya, closing statement Jokowi cukup menyejukkan. Jadi bisa menurunkan ketegangan,” pungkas Inas.(gir/jpnn)