Jelang Pemilu 2019, KPU Gelar Coklit di 130 Negara dan 133 Kabupaten Kota

Sumber

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan pencocokan dan penelitian atau coklit data pemilih untuk pemilu 2019 mulai hari, Selasa, 17 April sampai 17 Mei 2018. Coklit dilakukan serentak, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Hari ini dimulai coklit, jadi 130 negara (di luar negeri). Dan serentak di 133 kab/kota (di dalam negeri). Karena untuk pemilu maka diadakan coklit serentak di dalam dan di luar negeri,” ucap Viryan, di Gedung KPU Pusat, Jakarta Pusat, Selasa (17/4/2018).

381 kabupaten/kota lainnya di Indonesia tidak melakukan coklit, karena tengah mengadakan Pilkada. Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri. Di sana dinyatakan bahwa coklit tidak dilakukan pada daerah yang tengah mengadakan Pilkada 2018.

Selain itu, dari 130 negara yang melakukan gerakan coklit serentak, akan ada 9 daerah perwakilan Indonesia di luar negeri yang akan melakukan video conference.

Kegiatan ini dilakukan untuk menyampaikan aktivitas mereka terkait coklit di tempatnya masing-masing, yang sebelumnya akan didahului dengan melihat sejumlah hasil kegiatan coklit di dalam negeri.

Adapun 9 daerah tersebut adalah, Kota Kinabalu, Manila, Seoul, Kuala Lumpur, Sydney, New York, Den Haag, Pretoria, dan Riyadh.

“Jadi setengah 10 kita akan liat hasil video atau foto-foto kegiatan (coklit) di dalam negeri,” ujar Viryan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *