Jokowi Sebut akan Umumkan Kabinet Secepatnya, Banyak Menteri yang Dipertahankan

Sumber

jpnn.com, JAKARTA – Presiden terpilih Joko Widodo mengaku sudah mengantongi nama-nama yang akan dijadikan menteri. Dia membenarkan kabar sedang mengincar anak-anak muda. Namun, suami Iriana itu juga menyebut akan mempertahankan beberapa menteri lama.

Usai menghadiri acara di JCC, Jakarta, Jumat (12/7), Jokowi dengan tenang menjawab berondongan pertanyaan wartawan terkait calon menteri. Nyaris semua pertanyaan apa saja dijawabnya dengan tegas.

Mulai dari permintaan jatah menteri dari parpol, menteri yang tersangkut kasus hukum, menteri milenial, hingga opsi dari kalangan profesional dan parpol.

Pria berusia 58 tahun yang sudah memiliki dua cucu itu mengaku sudah menyusun formasi kabinet periode 2019-2024. Hanya saja, belum mau bicara secara rinci.

Komposisi kabinet nanti tak jauh dengan yang sudah ada saat ini. “Perbandingannya 60:40 atau 50:50. Kira-kira seperti itu,” ucapnya.

BACA JUGA: Yenny Wahid Ingatkan NU Tidak Minta Jatah Menteri, PBNU: Kami Biasa Saja

Apakah ada menteri saat ini yang akan dipertahankan di periode selanjutnya? “Banyak. Ya nanti dilihatlah. Nanti, kalau keluar dilihat,” sambungnya.

Siapa yang akan dipertahankan dan siapa yang akan diganti? Jokowi tidak kasih bocoran. Dia hanya mengungkapkan, penyusunan kabinet itu berdasarkan banyak pertimbangan. Seperti rekam jejak dan bebas persoalan hukum. “Semua hal mesti kami pertimbangkan,” ujarnya.

Kontributor:

Comments are closed.