Ketua FPG MPR Luncurkan Buku Pemilu Damai

Ketua FPG MPR Luncurkan Buku Pemilu Damai - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Fraksi Golkar Majelis Permusyawaratan Rakyat (FPG MPR) menggelar seminar sekaligus peluncuran buku Ketua FPG MPR Agun Gunandjar Sudarsa berjudul Pemilu Damai, Berintegritas dan Menyejahterahkan, Senin (1/4) di ruang GBHN, Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Seminar dan peluncuran buku itu dibuka Sekretaris Jenderal PG Lodewijk Freidrich Paulus, mewakil Ketua Umum PG Airlangga Hartarto, dan dihadiri sejumlah tokoh antara lain Andi Mattalatta, Bambang Utoyo, Fadel Muhammad, Rambe Kamarul Zaman, Rully Chairul Azwar.

BACA JUGA: Pesan Politikus Golkar Saat Bertemu Warga dan Tokoh NU

Dalam kesempatan itu, hadir narasumber yakni pengamat politik dari Univesitas Nasional Jakarta Alfan Alfian, Ketua Perludem Titi Anggraini, mantan Menkumham Andi Mattalatta, akademisi Universitas Indonesia Valina Singka Subakti.

Agun dalam sambutannya mengatakan bahwa pemilu yang ada sekarang ini masih belum bisa memberikan gagasan cemerlang. Dia prihatin, dalam pemilu masih saja ada caci maki, saling hujat dan sebagainya.

Agun berpendapat seharusnya pemilu memberikan gagasan apa yang akan diberikan kepada generasi milenial ketika sudah memasuki tantangan revolusi industri 4.0. Kemudian, bagaimana mengatasi fenomena lapangan kerja membuat orang tidak lagi berbondong-bondong menjadi aparatur sipil negara (ASN), tetapi harus melihat peluang baru menciptakan.

Selain itu, kata Agun, bagaimana melihat pergeseran bandul ekonomi yang sudah bergeser dari kota ke desa, dan perlunya gambaran serta tawaran yang menyejahterahkan sehingga rakyat memiliki kemampuan. “Gagasan seperti ini luput dalam penilu,” tegas Agun.

Belum lagi gagasan bagaimana mengatasi masuknya arus budaya dari luar, sehingga tidak meluluhlantakkan lokal. “Fraksi Partai Golkar mengajak elemen masyarakat membuka, dan menatap Indonesia dengan masa depan jauh lebih baik dan berkah,” paparnya.