KPU Bangka Pindahkan Logistik Pemilu ke Gudang Penyimpanan di Desa Air Ruay

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOA.COM,BANGKA–Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, Kamis (22/3/2018) memindahkan sebagian logistik berupa bilik suara dan kotak suara yang tidak terpakai pada Pilkada Bangka Tahun 2018.

Namun sebanyak 630 kotak suara yang masih digunakan pada pilkada 2018 masih ditinggal di gudang penyimpanan di ruang serbaguna Sekretariat KPU Kabupaten Bangka Sekretariat KPU Kabupaten Bangka

“Logistik yang masih ditinggal ini sesuai dengan jumlah TPS ditambah dengan kebutuhan PPK dan KPU,” kata Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Kabupaten Bangka Imam Supiar kepada bangkapos.com,.

Pemindahan logistik pemilu yang tidak terpakai ini akan disimpan di gudang yang disewa KPU Kabupaten Bangka di Desa Air Ruay Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.

Logistik yang dipindahkan tersebut sebanyak sekitar 1.500 kotak suara dan bilik yang tidak terpakai lagi untuk kebutuhan pilkada.

“Kalau ini belum bisa dilelang atau dimusnahkan kita pindahkan dulu karena jumlahnya lumayan banyak biar gudang itu agak leluasa dipakai untuk logistik pemilu bupati,” jelas Imam.

Menurutnya, gudang penyimpanan logistik pemilu di Desa Air Ruay tersebut dijaga petugas keamanan dari KPU, karena barang yang disimpan merupakan barang milik negara.

“Tidak boleh satu pun hilang makanya perhitungan saat berangkat dan penghitungan saat turun harus sesuai pengangkutan ini. Seharusnya pemindahan ini sudah kemarin tetapi sibuk DPS maka kami agak mundur dikit. Ini sifatnya hanya pemindahan,” tegas Imam.

Sedangkan untuk bilik suara dan kotak suara yang rusak sekitar 400 item sudah dilakukan stok of name dimana akhir tahun 2017 lalu sudah dipindahkan di gudang samping KPU. Penyingkiran logistik tersebut yang sudah rusak berat sehingga tidak bisa dipakai lagi.

Sementara untuk Pemilu 2019 nanti pada pileg dan pilres nanti akan menggunakan kotak suara yang transparans sesuai peraturan KPU terbaru. Oleh karena itu pihaknya akan mengajukan kebutuhan logistik untuk pemilu 2019, nanti KPU pusat yang menyediakannya.

“Kemungkinan kalau datang kotak baru karena bakal banyak lima kotak suara per TPS di kali sekian TPS yang mencapai 1.000 lebih untuk pemilu legislatif kemungkinan kotak suara bakal banyak yang datang. Yang lama dilelang tapi perlu diproses ke pusat dan menyurati pusat perusahaan mana yang sanggup mengambil lelang baru proses penghapusan di logistik itu,” jelas Imam.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *