KPU Cilegon Sebar Ribuan Petugas untuk Data Pemilih Pemilu 2019

Sumber

Cilegon – KPU Kota Cilegon mengerahkan 1.200 petugas panitia pendaftaran pemilih (pantarlih) untuk mendata pemilih pada Pemilu 2019. Mereka disebar untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih.

“Memperbaiki data yang ada di DP4 kemudian disesuaikan dengan data yang ada di lapangan atau masyarakat, misalkan ada kekurangan nama depan atau kesalahan penulisan nama atau tanggal lahir itu disesuaikan,” kata Ketua KPU Cilegon Fatulllah seusai Apel Bersama Petugas Coklit di Lapangan Bola Bendungan, Kota Cilegon, Selasa (17/4/2018).

Pelaksanaan coklit dimulai hari ini hingga satu bulan ke depan. Nantinya, tugas pantarlih adalah mencocokkan data pemilih serta mencoret pemilih yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan, seperti meninggal dunia dan pindah alamat.

Menurutnya, pencocokan dan penelitian data pemilih menjadi penting untuk Pemilu 2019. Itu bertujuan agar jumlah pemilih tidak lebih dan kurang saat penetapan data pemilih untuk Pemilu 2019. Selain itu, coklit merupakan langkah awal bagi pelaksanaan Pemilu 2019.

“Bahwa KPU hari ini mulai pelaksanaan coklit di tingkat RT/RW dengan menggunakan DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) KPU Republik Indonesia, itu merupakan satu kewajiban yang harus dilaksanakan KPU melalui pantarlih bahwa pendataan ini adalah langkah awal bagi pelaksanaan pemilu 2019,” ujarnya.

Para petugas diharapkan memiliki kesepahaman bersama dalam menjalankan tugasnya, yakni melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih.

“Bahwa KPU kabupaten/kota harus memberikan arahan-arahan kepada petugas pantarlih (panitia pendaftaran pemilih) yang akan melaksanakan tugasnya dalam Pemilu 2019. Kita ingin agar pelaksanaannya efektif,” kata Fatullah.
(tfq/asp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *