Megawati Dianugerahi Gelar Doktor HC

KOPI – Saat ini keluarga besar PDI Perjuangan dan keluarga Megawati juga tentunya sangat merasa berbahagia. Hal ini tak lain karena Sang ketua umum, Megawati Soekarno Putri dianugerahi gelar kehormatan oleh Universitas Padjajaran. Harap dicatat bahwa Unpad adalah salah satu universitas ternama di negeri ini. Jadi pasti ada kebanggaan tersendiri bagi orang yang memperoleh gelar dari universitas ini.

Alasan pihak Universitas memberikan gelar ini adalah pemikiran-pemikiran Megawati selama menjadi Wakil Presiden, Presiden, dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dinilai bermanfaat bagi rakyat Indonesia. Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad mengatakan bahwa pemikiran dan gaya kepemimpinan Megawati merupakan alasan utama Unpad menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa (Dr. HC.). Hal ini juga senada dengan apa yang disampaikan oleh ketua Tim Promotor Obsatar Sinaga dalam Jumpa Pers yang digelar di Kampus Unpad Dipatiukur, Selasa (24/5/2016) bahwa salah satunya saat beliau menjadi Presiden, di situ ada kebijakannya yang sampai saat ini cukup kuat. Yakni tentang JKN yang jadi cikal bakal Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dikeluarkan pada Oktober 2014 lalu.

Hal lain menurut Obsatar adalah sebagai seorang politikus perempuan, di saat masyarakat Indonesia tidak menyukai partai politik, Megawati bisa merangkul orang untuk menyukai politik. Hingga akhirnya Ibu dari Puan Maharani ini bertahan di pucuk pimpinan PDIP. Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad menyampaikan bahwa pemberian gelar doktor honoris causa ini tidak mendadak. Pemberian gelar ini sudah direncanakan sejak beberapa waktu lalu. Menurut beliau, dari aspek akademis gagasan-gagasan original dari pemikiran Megawati bisa bermanfaat bagi generasi muda Indonesia.

Berikut profil Megawati Sukarnoputri

Nama : Dr.(HC) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri

Lahir : Yogyakarta, 23 Januari 1947

Pendidikan

SD Perguruan Cikini Jakarta (1954-1959)
SLTP Perguruan Cikini Jakarta (1960-1962)
SLTA Perguruan Cikini Jakarta (1963-1965)
Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Bandung (1965-1967)
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Jakarta (1970-1972)

Perjalanan Karir

Anggota Fraksi PDI DPR RI Komisi IV (1987-1997)
Ketua DPC PDI Jakarta Pusat
Ketua Umum PDI versi Kongres Luar Biasa (KLB) PDI di Surabaya (1993–1996) Yang kemudian berganti nama menjadi PDI Perjuangan pada 1996-sekarang
Wakil Presiden Republik Indonesia (20 Oktober 1999-23 Juli 2001)
Presiden Republik Indonesia ke-5 (23 Juli 2001–20 Oktober 2004)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *