Megawati Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Padjadjaran

BANDUNG – Rabu (25/05/2016) menjadi hari yang membahagiakan bagi presiden RI ke-5 Hj. Megawati Soekarnoputri. Pasalnya akan akan diselenggarakan penganugrahan gelar Doctor Honoris Causa (Dr.HC.) Bidang Politik dan Pemerintahan dari UNPAD kepada putri sang proklamator kemerdekaan RI tersebut. Upacara penganugrahan ini dilaksanakan di Grha Sanusi Hardjadinata (Aula) Universitas Padjadjaran, Bandung.

Tim Promotor Penganugrahan Gelar terdiri dari Prof. Dr. Obsatar Sinaga, M.Si (Ketua), Prof. Oekan Soekotjo Abdoellah, M.A. Ph.D (anggota) dan Dr Arry Bainus, M.A. (anggota). Direncanakan Megawati akan memberikan orasi ilmiah berkaitan dengan berbagai pengalaman dan prestasinya selama menjadi presiden RI dan pemimpin partai politik terbesar di negara ini.

Berbagai pemikiran dan kebijakan yang dihasilkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarnoputri, dapat memberikan kontribusi berharga bagi kalangan akademik karena memiliki aspek originalitas. Pola pemikiran, kepemimpinan, serta konsistensi Megawati dalam ilmu politik serta pemerintahan.

Demikian dikatakan Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat menggelar jumpa pers terkait penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa bagi Megawati Soekarnoputri di Executive Lounge Unpad, JLn. Dipati Ukur 35 Bandung, Selasa (24/05). Pada masa prsiden Megawati pula lahir lembaga antikorupsi KPK, yang menjadi tonggak reformasi dan alat negara dalam memperbaiki birokrasi dan merevolusi mental bangsa.

Tampak sudah tiba beberapa undangan di lokasi penganugrahan seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto,Menteri KKP Susi Pudjiastuti , dan beberapa anggota DPR dan elite PDIP seperti Enrico Sotarduga, Sakti Trenggono, Arteria Dahlan,serta pengamat politik Eep Syaefullah Fatah. Dikabarkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akan menghadiri prosesi penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa untuk putri kedua mantan Presiden RI Bung Karno tersebut.

Terlihat pula karangan bunga dari Presiden RI Jokowi dan Keluarga, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Rektor Unpas, Rektor International Women University, Kepala BIN Sutiyoso, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, dan lainnya. Mayoritas karangan bunga berasal dari para kader PDIP.

Sebagai tambahan, selain dari UNPAD, Megawati telah tiga kali mendapatkan gelar doktor kehormatan dari luar negeri, yakni Wasseda University, Jepang; Moscow State Institute, Rusia; dan MIT Ocean University, Korea Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *