Menangi Pemilu Presiden, Kim Jong-un Ucapkan Selamat Kepada Putin

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un (The Star)

KABAR.NEWS – Kemenangan telak Presiden Rusia Vladimir Putin pada pemilihan umum presiden akhir pekan lalu mendapatkan sambutan dari Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. Kim secara khusus memberi ucapan selamat kepada Putin atas kemenangannya.
 

“Terpilihnya kembali Putin adalah sebuah gambaran besarnya dukungan dan kepercayaan rakyat kepada Anda,” lewat kantor berita Korut, KCNA, dikutip AFP pada Rabu (21/3/2018).

Kim menyatakan dirinya yakin hubungan erat Moskow dan Pyongyang yang sudah lama terjalin akan berlanjut dan semakin kuat di masa jabatan baru Putin, enam tahun ke depan.

Rusia merupakan salah satu sekutu terdekat negara terisolasi yang belakangan semakin dikucilkan karena dirundung sanksi itu. Satu negara lainnya adalah China.

Selain Korut, sejumlah negara, termasuk Barat, telah mengucapkan selamat kepada Putin yang menang dengan 75 persen suara dalam pemilu. Putin mengungguli tujuh kandidat lainnya dan mengamankan kursinya di Kremlin hingga enam tahun ke depan. 

Sementara itu, Kanselir Jerman Angela Merkel menegaskan kepada Putin pentingnya mengedepankan dialog dalam menangani “tantangan” dan perbedaan.

Pernyataan itu diutarakan Merkel setelah hubungan Rusia dan negara Barat memburuk dalam beberapa tahun terakhir, mencapai titik terendah sejak Perang Dingin.

Hubungan Kremlin dan negara Barat merenggang terutama sejak krisis Ukraina 2014 lalu, diikuti konflik di Suriah. Ditambah dengan kasus peracunan eks mata-mata Rusia, Sergei Skripal, di Inggris awal Maret lalu.

London menuding Rusia berada di balik insiden tersebut. Putin berkeras membantah tuduhan yang dianggapnya “omong kosong” itu. Putin juga mendesak Inggris meminta maaf kepada Rusia jika gagal membuktikan keterlibatan Kremlin dalam kasus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *