Mendagri: Pembahasan DOB Ditunda Hingga Pemilu 2019

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, menyatakan, pembahasan mengenai pemekaran wilayah atau Daerah Otonomi Baru (DOB) ditunda hingga penyelenggaraan Pemilu 2019. Pemerintah fokus menyiapkan pelaksanaan pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

“Pemekaran tidak ada pembahasan. Kami fokus di pembangunan infrastruktur sosial saja,” kata Tjahjo usai mengikuti rapat terbatas (Ratas) di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (26/3).

Tjahjo menjelaskan, pemerintah baru memutuskan soal pembedaan Dana Alokasi Khusus (DAK) antara propinsi kepulauan dan propinsi daratan. Jika selama ini, nilai penerimaannya sama, maka untuk ke depan alokasi untuk propinsi kepulauan lebih besar dari daratan karena luas cakupan wilayah yang lebih rumit.

“Nilainya disesuaikan dengan kondisi geografis. Itu sudah diputuskan,” ujar Tjahjo.

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Otda Kemdagri), Soni Soemarsono, menjelaskan, belum dibahasnya masalah pemekaran karena berpengaruh pada jumlah daerah pemilihan (dapil), ketersedian anggaran negara dan persiapan pemilu. Pemerintah tidak menginginkan penambahan DOB menganggu proses pelaksanaan pemilu.

“Menunggu sehabis pemilu saja. Itu kebijakan presiden terpilih nanti,” ujar Soni.

Saat ini, terdapat 314 usulan daerah pemekaran baru di seluruh Indonesia. 173 di antaranya merupakan usulan dari DPD, sisanya diusulkan oleh DPR. Usulan tersebut sudah masuk ke Dirjen Otda Kemdagri.

Sumber: Suara Pembaruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *