Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf Harus Punya 5 Kriteria Ini

jpnn.com, JAKARTA – Bursa menteri kabinet Jokowi-Ma’ruf kembali santer terdengar, apalagi jelang pelantikan, hingarnya sudah semakin terasa. Maka membicarakan kriteria calon pembantu presiden Jokowi untuk menentukan nama-nama anggota kabinetnya menjadi penting jika melihat kriteria yang harus diketengahkan.

Misalnya dari prespektif akademisi, Prof. DR. Dedi Purwana E. S.,M.Bus, dekan fakultas ekonomi Universitas Negeri Jakarta ini melihat bahwa saatnya Presiden Jokowi memilih calon menteri berdasarkan lima kriteria.

Pertama, profesionalitas, dilihat dari rekam jejak, pengalamananya sesuai bidang kementerian yang akan dijabatnya.

Baca Juga:

Kedua, mempunyai kapasitas intelektual yang mumpuni dan sesuai dengan adagium lama, “the right man on the right job”.

Ketiga, berintegritas dan bermoral, hal tersebut harus jadi pijakan kuat untuk menjadikan sebagai pejabat publik punya benteng moral yang kuat.

Keempat, akuntalibilitas, sebagai pejabat publik, harus merepresentasikan suara rakyat, akuntabilitas dalam arti bertanggungjawab bukan saja kepada presiden, tetapi juga kepada masyarakat.

Baca Juga:

Kelima, punya kemampuan mengambil kebijakan, biasanya kebijakan publik seringkali terseret oleh kepentingan bangsa, imbas dari keputusannya untuk masyarakat dan harus proporsional.

“Itu harapan akademisi, Jika kelima syarat tersebut terpenuhi, mau dari partai politik atau pun professional, saya yakin menteri tersebut akan mampu memecahkan dengan baik isu-isu yang saat ini belum selesai,” katanya kepada awak media di Jakarta 26/9).