Mesir Gelar Pemilu Presiden, Sisi Diprediksi Menang Lagi

AKURAT.CO, Mesir memulai tiga hari pemungutan suara untuk memilih presiden baru. Pemilu itu diperkirakan menghasilkan suara mayoritas untuk incumbent Presiden Abdul Fattah al-Sisi. Tak diragukan lagi, Sisi akan menjabat periode kedua setelah sebagian besar penantangnya mundur dari pemilu presiden tersebut.

Satu-satunya kandidat yang ikut bertarung melawan Sisi adalah politisi sayap tengah yang kurang terkenal bernama Moussa Mostafa Moussa. Meski demikian, Moussa dikenal sebagai pendukung Sisi. Moussa secara terbuka menyatakan mendukung Sisi terpilih lagi.

Mesir dengan populasi 95 juta jiwa itu merupakan negara Arab terbesar dan telah memainkan peran besar dalam politik Timur Tengah di era modern.

Tujuh calon presiden awalnya maju dalam pemilu itu tapi mayoritas mundur dari pertarungan, termasuk pengacara hak asasi manusia (HAM) Khalid Ali dan mantan Perdana Menteri (PM) Mesir Ahmad Shafiq.

Mantan kepala staf militer Mesir, Sami Anan pun ditahan pada Januari setelah mengumumkan keinginannya maju dalam pemilu. Anan dianggap sebagai penantang terkuat untuk posisi presiden melawan Sisi.

Kondisi ini membuat beberapa tokoh oposisi menyerukan boikot pemilu. Namun juru bicara tim kampanye Sisi menjelaskan tidak ada kandidat yang dicegah untuk maju.

Otoritas mendorong pemilik hak suara untuk mengikuti pemilu. Bus dengan pengeras suara juga dikerahkan ke kota Kairo untuk mendorong warga memberikan suara dan datang ke tempat pemungutan suara.

Sisi berkuasa sejak 2013 saat dia memimpin kudeta militer menggulingkan Presiden Mohammed Morsi yang terpilih secara demokratis di Mesir. Kudeta dilakukan setelah unjuk rasa melawan pemerintahannya. Sisi kemudian menang pemilu pada 2014.

Para pendukung Sisi menyatakan pemerintahannya membawa stabilitas setelah kerusuhan yang terjadi sejak 2011. Mesir mengalami kudeta dua presiden sejak kerusuhan Arab Spring tahun itu.[]


Editor. Iwan Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *