Nasdem Dukung Bamsoet jadi Ketua MPR, PKS Baru Titip Pesan

Sumber

Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA – Politikus Partai Nasdem Syarief Abdullah Alkadrie membenarkan ada pertemuan antara sejumlah pimpinan fraksi di MPR dengan Bambang Soesatyo alias Bamsoet.

Syarief menjelaskan, yang hadir kebanyakan ketua fraksi. Kecuali Gerindra yang diwakili sekretaris fraksinya. Sementara, kata dia, Fraksi PKS tidak hadir, tetapi menyampaikan pesan.

“Menurut ketua Fraksi Partai Golkar, apa pun keputusan yang diputuskan, PKS siap mendukung,” kata sekretaris Fraksi Partai Nasdem di MPR itu saat dihubungi JPNN.com, Rabu (2/10) malam.

Baca Juga:

Dia tidak memungkiri pertemuan dalam jamuan makan siang itu membicarakan soal pemilihan ketua MPR. “Wajarlah kalau kami bicarakan soal pemilihan, karena yang jelas kami inginnya pemilihan ketua MPR itu bisa dilaksanakan dengan musyawarah mufakat, tidak sistem voting,” ujarnya.

Menurut Syarief, upaya itu mencerminkan prinsip-prinsip musyawarah mufakat dan tidak voting. “Kelihatannya semua fraksi itu ruhnya, jiwanya, seperti itu,” kata legislator dari daerah pemilihan Kalimantan Barat ini.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sudah tegas menyatakan mendukung Bambang Soesatyo menjadi ketua MPR. Surya juga menginginkan pemilihan ketua MPR berlangsung musyawarah mufakat.

Baca Juga:

Karena itu, Syarief menyatakan optimistis akan tercapai musyawarah mufakat dalam pemilihan ketua MPR. “Artinya, kalau saya lihat dari perkembangan peta yang ada, saya kira besok bisa secara musyawarah mufakat. Saya optimistis besok musyawarah mufakat selesai,” paparnya.

Dia menegaskan saat ini pemilihan ketua MPR tinggal menunggu proses di internal DPD selesai. Sebab, dalam pimpinan MPR itu harus ada unsur DPD. Sejauh ini, DPD belum memutuskan siapa yang akan diutus menjadi perwakilan pimpinan dari lembaga para senator itu di MPR. “Mudah-mudahan DPD bisa menyelesaikan malam nanti. Karena kan harus ada utusan DPD,” jelasnya.