PDIP Sudah Siapkan Sejumlah Kandidat Bakal Cawapres Jokowi

Pembahasan ketiga nama ini dilakukan dalam rapat internal PDIP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Politisi PDIP Masinton Pasaribu mengatakan, PDIP telah mempersiapkan tiga nama yang akan diajukan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilu 2019. Ketiga nama itu berasal dari internal PDIP.

“Dari PDIP (cawapres) itu ada tiga. Benar nanti (baru) diseleksi. Ini sesuai dengan nomor parpol (dalam pemilu) yakni nomor tiga,” ujar Masinton kepada wartawan usai mengisi diksusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (24/3).

Pembahasan ketiga nama ini dilakukan dalam rapat internal PDIP. Namun, anggota Komisi III DPR ini masih enggan menyebutkan tiga nama yang dimaksud. “Jangan (dulu) disebut dong,” kilahnya.

Adapun persiapan ketiga nama bakal cawapres, lanjut Masinton, dilakukan sejak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menetapkan bahwa partainya akan mengusung Jokowi dalam pemilu mendatang.

Namun, selain kalangan internal, PDIP juga mempersiapkan kandidat cawapres dari luar parpolnya. Nama-nama yang dimaksud juga tidak diungkap oleh Masinton. “Ada beberapa nama,” tambahnya tanpa memberikan rincian.

Sebelumnya, PDIP menyatakan resmi kembali mencalonkan Jokowi sebagai capres dalam Pemilu 2019. Pencalonan ini diputuskan melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Bali, 23 Februari 2018 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *