Pemantau Miliki Peranan Penting Jaga Kualitas Pemilu

Redaktur: Ahmad Nugraha
3 jam yang lalu

Bawaslu RI saat konfrensi pers penerimaan berkas lembaga masyarakat pemantau pemilu di Media Center Bawaslu RI, Selasa (27/3). Foto:Hermawan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan menekankan pentingnya peran aktif lembaga dan masyarakat pemantau pemilu untuk mensukseskan jalannya pemilu 2019. Hal itu diutarakan Abhan di Media Center Bawaslu RI, Selasa (27/3).

“Berdasarkan undang-undang kewenangan agreditasi pemantau pemilu ada di Bawaslu. Banyak peran yang bisa dilakukan pemantau terkait pengawasan dilingkup nasional, dan kami akan sinergikan dengan jajaran pengawas,” sebut dia.

Salah satunya, lanjut dia, konsentrasi bersama dalam pengawasan dana kampanye. Pemantau dapat membuat titik-titik stresing dalam hal itu. =

“Melalui dana kampanye yang masuk bisa diketahui sejauh mana dana kampanye yang dimiliki dan transaksionalnya,” ungkapnya.

Selain itu, Abhan menilai pengawasan pada hari pemungutan juga bagian yang harus diawasi. Begitu juga tahapan-tahapan kampanye yang dilaksanakan. “Apalagi pileg dan pilpres ini yang pertamakali digelar secara serentak,” tandasnya. (awa)

TOPIK BERITA TERKAIT: #bawaslu #pemilu-2019 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *