Pemerintah Australia Prioritaskan Pemotongan Pajak Perusahaan dan Infrasturktur

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull bertekad menjadikan pemotongan pajak perusahaan sebagai isu pemilu, meskipun mengakui pemerintahannya kekurangan suara di Senat untuk menjadikannya UU.

PM Turnbull menyatakan siap menghadapi pemilu dengan isu ini, menjadikan pemotongan pajak perusahaan sebagai agenda politik utama.

Partai Buruh yang beroposisi menentang rencana pemotongan pajak perusahaan dari 30 menjadi 25 persen.

Pemimpin Oposisi Bill Shorten berjanji akan membatalkan pemotongan itu jika partainya memenangkan pemilu mendatang.

Pada Rabu pekan ini, Senator independen asal Australia Selatan Tim Storer menyatakan belum yakin untuk mendukung RUU yang diajukan pemerintah.

Senator Storer bersama Senator asal Victoria, Derryn Hinch, merupakan dua senator Australia yang tidak dapat diyakinkan oleh pemerintah. Padahal, mereka telah dilobi oleh Menteri Keuangan Mathias Cormann dan kelompok bisnis besar.

Senator Storer berdalih perlunya pembicaraan yang lebih luas mengenai keberlanjutan sistem pajak secara keseluruhan.

Dia mengatakan pendapatan negara yang akan hilang dari pemotongan pajak perusahaan, akan lebih baik jika dibelanjakan untuk populasi yang berkembang pesat.

Senator Storer berpendapat dana tersebut sebaiknya dibelanjakan untuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan upaya mengurangi ketidaksetaraan.

Akan terus maju

Menteri Perbendaharaan Negara (Treasurer) Scott Morrison mengatakan Pemerintah Koalisi sudah kian dekat untuk meloloskan pemotongan pajak perusahaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *